Saat ini musim kemarau masih berlangsung dan diperkirakan awal musim hujannya di Dasarian I bulan November
Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) pada awal November 2023.

"Saat ini musim kemarau masih berlangsung dan diperkirakan awal musim hujannya di Dasarian I bulan November," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Chandra Buana, di Manado, Rabu.

Bila di sebagian besar kabupaten dan kota di Sulawesi Utara dalam kondisi musim kemarau, maka agak berbeda dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang saat ini memasuki musim hujan.

"Agak berbeda memang untuk zona musim di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kalau daerah lain kemarau, di sana musim hujan," ujarnya.

Mengingat masih dalam kondisi musim kemarau selama Oktober ini, Chandra berharap warga berhati-hati dan mengantisipasi bahaya kebakaran.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi cuaca ekstrem di Sulut
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini gelombang tinggi perairan Sulut


Bagi petani yang hendak membuka lahan pertanian, dia mengimbau tidak melakukan pembakaran lahan dengan cara membakar.

Begitupun dengan pola konsumsi air, Chandra mengimbau masyarakat agar berhemat dalam penggunaan air selama musim kemarau berlangsung agar ketersediaan air bisa terjaga.

"Kami pun mengimbau masyarakat terus membersihkan drainase atau selokan, terus dirawat, sehingga saat musim hujan tiba tidak terjadi sumbatan yang dapat menyebabkan banjir," ujarnya.

Musim kemarau yang terjadi sejak bulan Juli telah menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah. Bahkan sejumlah tidak diguyur hujan hingga lebih dari 31 hari.

Selain mulai krisis air, sejumlah areal hutan dan lahan tak luput dari bencana kebakaran seperti di kawasan hutan lindung Gunung Soputan, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Baca juga: Gempa M6,4 di Kepulauan Talaud dipicu deformasi Lempeng Laut Filipina

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023