Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Ribuan warga yang berasal dari berbagai instansi, lembaga, komunitas dan masyarakat umum serta tujuh alat berat dikerahkan untuk membersihkan sampah yang menggunung di Pantai Cibutun, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu.

"Kegiatan bersih-bersih pantai yang kami inisiasi ini selain untuk memperingati HUT ke-78 TNI, juga merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan khususnya Pantai Cibutun yang berada di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan," kata Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol (Inf) Anjar Ariwibowo di Sukabumi, Rabu.

Menurut Anjar, kegiatan yang digelar pihaknya ini ternyata mendapatkan respon positif dari berbagai elemen masyarakat yang dibuktikan dengan peserta yang ikut dalam aksi membersihkan Pantai Cibutun ini jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan orang mulai dari unsur TNI, Polri, pemerintahan, komunitas, ormas, pelajar, aktivitas lingkungan hingga individu.

Namun demikian, untuk mengevakuasi sampah di Pantai Cibutun yang didominasi oleh potongan kain (perca) itu. Berkat kerjasama dan gotong royong Pantai Cibutun saat ini sudah kembali bersih.

Baca juga: Polres Sukabumi selidiki keberadaan limbah kain di Pantai Cibutun

Baca juga: Jabar minta TNI-Polri telusuri sumber tumpukan sampah Pantai Cibutun


Dengan demikian, pantai yang awalnya dinobatkan sebagai pantai terkotor nomor empat di Indonesia melalui konten media sosial yang dibuat Pandawa Grup, saat ini kondisinya sudah jauh lebih bersih.

"Kami apresiasi semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini. Diharapkan pantai ini bisa kembali menjadi tujuan wisata dan kami mengimbau kepada siapapun untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan khususnya tidak membuang sampah ke sungai ataupun laut," ujarnya.

Di sisi lain, Anjar mengatakan dilihat dari jenis sampah yang menumpuk di Pantai Cibutun kemungkinan berasal dari luar wilayah, karena sampah itu didominasi oleh limbah kain perca yang diduga dibuang ke sungai kemudian terbawa ke laut dan terdampar di pesisir.

Maka dari itu Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi bersama Polres Sukabumi saat ini tengah menelusuri sumber sampah tersebut yang kemungkinan berasal dari pabrik garmen atau industri yang berkaitan dengan kain.

Belum lama ini pihaknya juga membersihkan tumpukan sampah yang menutupi pesisir Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan yang bersebelahan dengan Pantai Cibutun.*

Baca juga: Peringati "World Clean Up Day", BEM UI bersihkan pesisir Pantai Ancol

Baca juga: PLN-TNI AL membersihkan laut dari sampah plastik di Sulut

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023