Ngawi (ANTARA) - Kepala Pelaksana BPBD Jatim Gatot Soebroto menyatakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Lawu dengan menggunakan guguran bom air atau "water bombing" pada hari Rabu telah dilakukan sebanyak 25 kali.

"Untuk hari ini, water bombing sudah kita lakukan sebanyak 25 kali. Pagi hingga siang sebanyak 17 kali dengan sasaran wilayah Kabupaten Ngawi. Sore hari di wilayah Karanganyar sebanyak delapan kali," ujar Gatot dalam keterangannya di sela Rapat Koordinasi Lintas Provinsi di Posko Penanganan Darurat Karhutla di Lapangan Aji Negoro, Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jatim, Rabu.

Baca juga: Lahan terbakar meluas, pemadaman api Gunung Lawu gunakan water bombing

Baca juga: Pemadaman karhutla via "water bombing" Gunung Lawu terkendala cuaca


Menurut dia, upaya pemadaman karhutla di Gunung Lawu dengan water bombing tersebut masih akan dilanjutkan pada hari Kamis agar pemadaman bisa lebih optimal.

"Untuk besok pagi (Kamis), water bombing akan kita arahkan di wilayah perbatasan Magetan-Karanganyar," kata Gatot Soebroto.

Selain metode bom air tersebut, upaya pemadaman secara manual lewat jalur darat juga masih tetap dilakukan.

"Sesuai arahan Tenaga Ahli BNPB kegiatan pemadaman melalui jalur darat tetap dimaksimalkan di tiga daerah terdampak, yakni Ngawi dan Magetan di Jatim, serta Karanganyar di Jawa Tengah. Pemadama darat akan fokus membuat ilaran sebagai pencegahan perluasan kebakaran," kata dia.

Sementara, berdasar data dari Perum Perhutani Divre Jatim, hingga hari Rabu (4/10), jumlah area terdampak karhutla di Gunung Lawu telah mencapai hampir 2 ribu hektare, atau tepatnya 1.990 hektare.

Jumlah itu meliputi, wilayah Kabupaten Ngawi seluas 1.250 hektare, Kabupaten Magetan 700 hektare, dan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah 40 hektare.

Mengingat hingga saat ini lahan yang terbakar terus meluas, yakni tak hanya di Ngawi dan Magetan, Jawa Timur, namun juga menyebar ke Karanganyar, Jawa Tengah. Maka, BNPB, BPBD Provisi Jawa Timur, dan BPBD Provisi Jawa Tengah membentuk Satgas Bersama Karhutla Lintas Provinsi Jatim-Jateng guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Gunung Lawu.

Baca juga: BPBD petakan area hutan dan lahan yang terbakar di Gunung Lawu

Baca juga: BNPB terjunkan helikopter water bombing ke Gunung Lawu
​​​​​​​

Baca juga: Perhutani catat 8 hektare hutan di lereng Gunung Lawu terbakar

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023