Pengiriman personel relawan ke musibah kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu itu sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial tim
Pamekasan (ANTARA) - Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan mengirim personel ke Gunung Lawu guna membantu tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lawan di wilayah itu.

"Malam ini personel dari Pamekasan telah bergabung dengan tim yang ada di sana," kata Juru Bicara FRPB Pamekasan Candra kepada wartawan per telepon di Pamekasan, Jawa Timur, Kamis malam.

Baca juga: BPBD: 9.607 meter ilaran di Gunung Lawu cegah karhutla ke pemukiman

Candra menjelaskan, pengiriman personel relawan ke musibah kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu itu sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial tim atas musibah yang melanda di wilayah setempat.

Sebab, sambung Candra, berdasarkan data yang dirilis BNPB luas area lahan dan hutan yang terbakar tidak sedikit, yakni mencapai 2.041 hektare yang merupakan hutan lindung.

Sebelumnya Administratur KPH Lawu Agus Ahmad Fadholi mengatakan hingga hari ke-11, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu terus dilakukan di tiga wilayah yakni Kabupaten Magetan, Ngawi, dan Karanganyar, Jawa Tengah.

Untuk pemadaman juga mulai dilakukan melalui jalur darat dan udara serta penyisiran di jalur-jalur ilaran oleh sekitar 150 personel gabungan.

Baca juga: Pemprov Jatim lakukan asesmen pemulihan Gunung Lawu setelah karhutla

Terkait musibah kebakaran ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa Pemprov Jatim akan melakukan asesmen "recovery" atau pemulihan tanaman yang ada di Gunung Lawu setelah terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat dapat diatasi.

Asesmen tersebut akan melibatkan semua pemangku kepentingan dalam penanganan bencana karhutla di Gunung Lawu. Mulai dari BNPB, BDBD, Pemprov Jatim, Perum Perhutani, dan lembaga lainnya.

Asesmen tersebut penting dilakukan agar proses pemulihan hutan dan keanekaragaman hayati di kawasan setempat sama atau serupa dengan sebelum terjadi kebakaran.

Gubernur juga telah menyerahkan bantuan dalam rangka penanganan kebakaran hutan dan lahan Gunung Lawu secara simbolis kepada Pj. Bupati Magetan Hergunadi. Antara lain berupa, sembako 100 paket, gula 100 kilogram, minyak goreng 50 kilogram, baju damkar 10 pcs, sepatu damkar 10 pasang, helm damkar 10 unit, kacamata google 100 pcs, masker KF 480 pcs, dan tambahan permakanan.

Baca juga: BNPB paparkan peningkatan bencana di Jatim, pemda perlu antisipasi

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023