Trenton (ANTARA) - Kanada pada Selasa (3/10) mengumumkan penunjukan Greg Fergus sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat yang baru, menjadikannya sebagai orang kulit hitam Kanada pertama yang memegang jabatan tersebut.

Fergus, anggota parlemen dari Partai Liberal, akan menggantikan Anthony Rota yang mengundurkan diri pada pekan lalu setelah mengundang mantan anggota Nazi ke parlemen Kanada ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato pada 22 September lalu.

Rota mengatakan dia tidak mengetahui hubungan Varoslav Hunka dengan Nazi, tetapi ketika masa lalu Hunka diketahui, kesalahan Rota pun menjadi sajian berita-berita utama internasional. Ini sangat memalukan bagi parlemen dan seluruh warga Kanada.

Fergus adalah salah satu dari tujuh anggota parlemen yang mencalonkan diri menjadi ketua DPR. Ketua parlemen adalah orang yang bertanggung jawab mengendalikan perilaku anggota parlemen, menetapkan agenda parlemen, dan mengambil keputusan tentang bagaimana perdebatan dilakukan.

Para anggota parlemen Kanada sering kali terlibat dalam perdebatan yang memanas dan tidak produktif, yang kerap dibarengi dengan tindakan-tindakan seperti menyela pembicara dengan ejekan, hinaan, dan komentar negatif lainnya.

Fergus mengatakan dia berharap dapat memulihkan ketertiban dan rasa hormat di parlemen.

“Rasa hormat dan sopan santun – saya akan bekerja keras dalam poin ini dan saya membutuhkan bantuan Anda untuk mewujudkan ini,” kata Fergus dalam pidatonya kepada anggota parlemen setelah terpilih melalui pemungutan suara rahasia.

“Rasa hormat adalah bagian mendasar dari apa yang kami lakukan di sini,” katanya.

“Kita perlu memastikan bahwa kita memperlakukan satu sama lain dengan rasa hormat dan menunjukkan contoh tersebut kepada masyarakat Kanada. Tidak akan ada dialog kecuali ada pemahaman bersama tentang rasa hormat.”

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan dia berharap Fergus berhasil dalam usahanya.

“Kami memilih Anda untuk membantu kami bersikap hormat dalam perdebatan kami, untuk mengingatkan kami bahwa kami semua di sini untuk alasan yang sama, yaitu untuk melayani warga Kanada,” kata Trudeau.

Meskipun seorang anggota partai politik, peran Fergus sebagai ketua DPR bersifat non-partisan atau netral dan tidak memihak dalam menjalankan tugasnya.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Ketua DPR Kanada minta maaf karena puji mantan serdadu Nazi
Baca juga: DPR Kanada sepakat sebut aksi Rusia di Ukraina sebagai "genosida"
Baca juga: Ketua DPR terima kunjungan senator Kanada

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023