Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengimbau seluruh pegawai yang beragama Islam di lingkungan pemerintah kota setempat, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non-ASN (Tenaga Kontrak) untuk beribadah rutin shalat berjamaah di masjid.

"Ayo mulai Jumat shalat berjamaah. Kalau ada yang udzur (berhalangan) bisa shalat di kantor masing-masing. Tapi harus tepat waktu, karena saya ingin selama 40 hari tidak boleh putus," kata Eri Cahyadi saat apel pagi di Halaman Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Baca juga: Masjid-masjid di perkampungan Surabaya gelar shalat gerhana

Menurut dia, kewajiban beribadah tersebut juga ditujukan kepada seluruh umat beragama lainnya, seperti agama Kristen dan Katolik melakukan ibadah di gereja, umat Hindu melakukan ibadah di Pura, umat Buddha di Vihara, dan umat Konghucu di Klenteng.

Wali Kota Eri mengaku, sejak 2021 hingga Maret 2022, Pemkot Surabaya fokus melakukan penanganan dan penyelesaian COVID-19. Selanjutnya, Pemkot Surabaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat hingga di tingkat Balai RW dengan kecamatan dan kelurahan. Seluruh pengaduan warga pun langsung direspons dengan cepat.

"Semua didasari oleh agama, ketika semua ini sudah berjalan di lapangan, sekarang kekuatan batiniah harus dikuatkan. Semua yang kita kerjakan adalah ridho Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu saya minta semua bekerja tepat waktu, lalu mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara shalat bagi yang muslim," katanya.

Baca juga: Gubernur Jatim dijadwalkan shalat id di Masjid Al-Akbar

Ia lantas menjelaskan, bahwa para pejabat struktural menjadi contoh dalam pemimpin, dengan demikian harus memberikan contoh dalam melaksanakan ibadah. Ia pun meminta seluruh ASN dan Non-ASN di lingkungan Pemkot Surabaya untuk mendoakan Kota Pahlawan agar terhindar dari seluruh bencana dan kemalangan.

"Termasuk saya pribadi dan pejabat struktural sambil mengajak masyarakat, kita doakan masyarakat Surabaya semakin makmur dan guyub rukun. Shalat akan menjadi sempurna jika dilengkapi dengan Salat Sunnah Rawatib," ujarnya.

Baca juga: ASN-pegawai BUMD diajak Bupati Bogor shalat berjamaah di masjid

Bukan hanya itu saja, Wali Kota Eri mengaku bahwa pelaksanaan shalat berjamaah di lingkungan Pemkot Surabaya akan dimulai pada Jumat (6/10) besok.

Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN Pemkot Surabaya yang telah melakukan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Kota Pahlawan itu.

Baca juga: Selama Ramadhan pegawai Pemkab Penajam wajib shalat dzuhur berjamaah
Baca juga: Ratusan pegawai Pemkab Bekasi Shalat Istisqa minta turun hujan
Baca juga: Ribuan pegawai pemerintah Bangka Belitung shalat minta hujan

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023