Solo (ANTARA) -
Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Jawa Tengah memilih Solo sebagai lokasi pertama pergelaran Adikarya Batik Nusantara 2023.
 
"Kami memilih Solo sebagai kota pertama penyelenggaraan karena Solo merupakan akar kota batik Indonesia," kata Ketua PPUMI Jawa Tengah Tuty Adib di sela pembukaan Adikarya Batik Nusantara 2023 di Mal Solo Square, Jawa Tengah, Kamis.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut untuk melestarikan warisan budaya Indonesia karena batik merupakan bagian penting identitas budaya bangsa.
 
Menurut dia, upaya tersebut juga untuk menjaga agar motif khas batik tetap hidup lestari dan terus dikembangkan oleh generasi mendatang. Bahkan sebagai rangkaian dari acara tersebut, pihaknya juga menyelenggarakan lomba desain motif batik yang diikuti oleh 367 peserta dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Pemkot Pekalongan jaga kelestarian wariasan budaya batik
 
"Pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan ISI Surakarta dengan tujuan menggali potensi dan mengembangkan motif batik Indonesia yang mengacu pada motif-motif klasik," katanya.
 
Penyelenggaraan acara tersebut juga berorientasi pada pemberdayaan ekonomi umat terutama untuk kaum perempuan serta bagi kesejahteraan keluarga melalui komunitas UMKM.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengatakan Kota Solo memang selama ini dikenal sebagai Kota Batik.
 
Dengan penyelenggaraan Adikarya Batik Nusantara, menurut dia imej Solo sebagai Kota Batik makin kuat.
 
"Ini menjadi salah satu event yang berjalan sukses di Solo. Saya berharap Solo yang telah dikenal sebagai Kota Batik makin kuat citranya dengan event batik yang terselenggara dengan baik," katanya.
 
Sementara itu, perwakilan dari Limasatu Kreatif Indonesia Eka Nugraha sebagai penyelenggara mengatakan kegiatan tersebut menarik karena mampu menyatukan ide kreatif dari masing-masing desainer.
 
"Bangkitkan semangat generasi muda aktif melestarikan batik. Kegiatan di Kota Solo ini merupakan cikal bakal kegiatan selanjutnya dengan kota berbeda," katanya.***1***
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023