Jakarta (ANTARA) - Restoran Ramen1 (Ramen One) yang menyediakan beragam masakan Jepang, resmi menerima sertifikat halal di Jakarta, Kamis.

Ramen1 dinyatakan halal berdasarkan surat ketetapan halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan penerbitan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

Direktur Utama Ramen1 Bernt Hanlee Ramli meyakini sertifikat tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kehalalan sajian makanan restoran yang dikembangkan sejak 2020 itu.

"Dengan penerimaan sertifikat halal ini, kami siap pula meluaskan jangkauan pasar," ujar Bernt menambahkan.

Meskipun telah berdiri sejak 2020 di Indonesia, Bernt menyampaikan Ramen1 baru dapat memperoleh sertifikat halal pada 2023, karena sempat terkendala pandemi COVID-19.

"Karena terdampak COVID-19, kami baru melalui sertifikasi halal tahun ini. Prosesnya (sertifikasi) selama tiga bulan," ucap dia.

Baca juga: RamenYA! buka cabang ke-61 di Senayan Park

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh tim BPJPH Kemenag yang diwakili oleh Mohamad Miftah dan disaksikan pula oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI KH Miftahul Huda, Komisaris Ramen1 Dianto, dan Direktur Ramen1 Winnona.

Ke depannya, Mohamad Miftah berharap sertifikat halal tersebut dapat membuat Ramen1 memiliki lebih banyak cabang di berbagai daerah di Tanah Air.

Sementara itu, Miftahul Huda menjelaskan sertifikat halal diperoleh Ramen1 berdasarkan hasil audit dari tim internal MUI terhadap bahan baku, area produksi, alat produksi, dan penyajian produk di restoran tersebut.

Ia mengatakan pula pengujian halal tersebut memiliki standar tinggi dan proses yang ketat, mulai dari pengadaan dan pengolahan bahan baku sampai cara penyajian ke konsumen. Semua segmen yang diuji harus memenuhi parameter yang sudah ditentukan oleh BPJPH Kemenag dan MUI.

Saat ini, Ramen1 yang merupakan bagian dari PT Panca Mitrasari Lestari itu telah memiliki sebanyak 59 cabang di Tanah Air yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi. Hingga akhir tahun nanti, Ramen1 menargetkan memiliki total 68 cabang.

Baca juga: Berbuka dengan Ninniku Ramen, menu wajib coba bagi si pencinta bawang

Baca juga: Makan ramen ditemani "Ultraman" di Ultramen

Baca juga: Sensasi berkuliner ramen kaki lima di Yatai Ramen Indomie

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023