Saya tidak merasa lebih kecil dari negara-negara lain. Indonesia negara yang besar dan saya percaya itu
Hangzhou (ANTARA) -
Raihan medali perunggu pada Asian Games 2022 merupakan bukti kepercayaan diri Ignatius Joshua Kandou, bahwa atlet-atlet Indonesia mampu berprestasi di level tinggi.
 
Joshua memenangi medali perunggu setelah mengalahkan karateka Jepang Yusai Sakayama, pada pertandingan perebutan peringkat ketiga kumite 75 kilogram putra di Linping Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, Kamis.
 
Karateka 25 tahun itu bahkan unggul dengan poin yang sangat meyakinkan, yakni 4-0, berkat satu yuko dan satu ippon.
 
"Pertama kali saya ikut (Asian Games). Saya menang, mendapat medali Asian Games. Setelah empat tahun, lima tahun (tidak berprestasi di Asia)," ujar Joshua sambil menahan tangis haru saat ditemui di mixed zone.
 
"Saya tidak merasa lebih kecil dari negara-negara lain. Indonesia negara yang besar dan saya percaya itu," tambahnya.

Baca juga: Joshua Kandou raih medali perunggu karate kumite 75 kg putra
 
Joshua juga memiliki harapan agar tim karate yang ada saat ini terus mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia.
 
"Semoga tim ini yang sudah berjalan sangat baik bisa didukung terus oleh pemerintah, seluruh pelatih, manajer, teman-teman sangat membantu buat keberhasilan saya dan teman-teman. Semoga bisa membawa Indonesia lebih baik lagi," ucap Joshua.
 
Saat ini cabang olahraga karate baru menyumbang satu medali melalui medali perunggu Joshua, dan ia pun berharap rekan-rekannya akan dapat menambah pundi-pundi medali bagi Indonesia.
 
"Semoga teman-teman atlet semua, tidak berhenti, terus berjuang. Kita tidak pernah tahu garis tangan kita ada di mana. Semoga Tuhan selalu berkenan untuk tim Indonesia," tuturnya.
 
Cabang olahraga karate masih akan mempertandingkan atlet Indonesia pada Asian Games 2022 ini. Pada Jumat (6/10), Ari Saputra akan bertanding di nomor kumite 60 kilogram putra.
 
Selanjutnya pada Sabtu (7/10), Sandi Firmansyah akan bertanding di nomor 84 kilogram putra dan Cok Istri Agung Sanistyarani akan bertanding pada nomor kumite 55 kilogram putri.

Baca juga: Ceyco fokus tingkatkan kepercayaan diri jelang Asian Games Hangzhou
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023