Pada triwulan III ini jumlah penumpang meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 7.709.605 penumpang,
Sidoarjo (ANTARA) -
Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, mencatatkan pertumbuhan penumpang naik 35 persen atau sebesar 10.428.210 penumpang pada triwulan III  2023 dibandingkan periode yang sama 2022.
 
“Pada triwulan III ini jumlah penumpang meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 7.709.605 penumpang," ujar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Kamis.

Pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan yaitu mencapai 71.896 pergerakan pesawat atau meningkat 28,47 persen jika dibanding tahun sebelumnya sejumlah 55.964 pergerakan pesawat.

Baca juga: Bandara Hasanuddin layani operasi penerbangan kargo ke Hongkong
 
Sisyani Jaffar mengatakan untuk kargo cenderung stabil karena terjadi penurunan sedikit yaitu minus 1,76 persen atau sebesar 50.548.241 kilogram dibandingkan periode sebelumnya sebesar 51.451.493 kilogram.
 
Menurut Sisyani jumlah penumpang yang dilayani masih didominasi penumpang penerbangan domestik. Namun penerbangan internasional jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami kenaikan yang signifikan.
 
"Penerbangan internasional di Januari hingga September 2023 mengalami kenaikan sebesar 211 persen untuk jumlah penumpang. Penumpang internasional mencapai 1.514.236 penumpang untuk periode hingga September 2023, sedangkan pada periode tahun sebelumnya mencapai 486.662 penumpang.

Tidak hanya itu jumlah pesawat penerbangan internasional juga mengalami peningkatan sebesar 186 persen jika dibandingkan periode tahun sebelumnya. Pada periode saat ini mencapai 9.157 pergerakan pesawat, sedangkan pada periode tahun lalu mencapai 3.193 pergerakan pesawat,” katanya.

Baca juga: Pemkab minta pemangku kepentingan ikut optimalkan Bandara Purbalingga
 
Untuk mengantisipasi terus naiknya jumlah penumpang, serangkaian upaya telah dilaksanakan, di antaranya yang terbaru adalah pengaktifan Terminal Kedatangan T1A.
 
"Sejak pertengahan tahun ini, kami membuka Terminal Kedatangan T1 A untuk menambah kenyamanan bagi para pengguna jasa Bandara. Hal tersebut merupakan salah satu respons kami mengingat tren positif pertumbuhan jumlah penumpang, sehingga diharapkan dengan terus meningkatnya jumlah penumpang, fasilitas kami pun lebih dari cukup untuk melayani kebutuhan para pengguna jasa," ujar Sisyani Jaffar.
 
Ia mengatakan, seluruh upaya yang telah dijalankan terus dilakukan secara konsisten.
"Oleh karena itu, kami akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara," tuturnya .

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023