Kegiatan ekspor ini menyumbang devisa ekspor sebesar 40,626,187 Chinese Yuan (CNY).
Ambon (ANTARA) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Ambon memberikan layanan ekspor udang milik PT Wahana Lestari Investama tujuan China.

"Proses pelayanan ekspor udang dilakukan Bea Cukai Ambon melalui tim yang ditugaskan ke Pulau Opin Seram Utara, untuk melalukan pengawasan dan pelayanan," kata Kepala KPPBC Ambon Teddy Laksmana, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, PT Wahana Lestari Investama mengekspor vannamei shrimp (udang) sebanyak 1.267.445 kg, yang dikemas dalam kemasan karton kemudian dimuat ke kapal Fu Yuan Yu Yun 993 dengan negara tujuan ekspor China.

Kegiatan ekspor ini menyumbang devisa ekspor sebesar 40,626,187 Chinese Yuan (CNY).

"Pelayanan dan pengawasan dilakukan selama lima hari kerja oleh Bea Cukai Ambon dalam mengawasi pemuatan ekspor udang PT WLI," katanya pula.

Bea Cukai Ambon berkomitmen akan terus memberikan pelayanan terbaik demi kelancaran ekspor dari bumi Maluku.

Melalui ekspor langsung dari Pulau Seram oleh PT Wahana Lestari Investama, diharapkan dapat menjadi contoh bagi para eksportir lain untuk mendaftarkan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

"Pelayanan dokumen PEB melalui Bea Cukai Ambon, agar produk unggulan Maluku dapat dikenal oleh dunia serta pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian Maluku," ujarnya.

Bea Cukai Ambon juga berkomitmen tetap memberikan pelayanan ekspor 24 jam 7 hari dalam seminggu sebagai wujud pelayanan optimal kepada pengguna jasa khususnya eksportir.

"Kami tetap memberikan pelayanan ekspor 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu, sebagai wujud pelayanan optimal kepada pengguna jasa khususnya eksportir di Maluku," katanya pula.

​​​​​​Bea Cukai Ambon mencatat komoditas perikanan dan pertanian kehutanan mendominasi ekspor di Provinsi Maluku, kemudian komoditas perikanan berupa udang, tuna, kerapu, kepiting mendominasi ekspor.

Komoditas perkebunan dan kehutanan yang menjadi andalan adalah kopra, cengkih, pala, damar, dan minyak kayu putih yang diharapkan menjadi komoditas ekspor penting dari Maluku selain perikanan.
Baca juga: Lagi, Bea Cukai Ambon Layani Ekspor Damar ke India
Baca juga: Ekspor komoditas perikanan Maluku meningkat 71 persen per Agustus 2023

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023