Denpasar (ANTARA) - Kepolisian Daerah Bali mengimbau masyarakat untuk turut mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic And Island State (AIS) atau Forum Negara Kepulauan dan Pulau Kecil Tahun 2023 di Nusa Dua, Badung dengan menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Kepala Bidang Hubungan masyarakat Polda Bali Jansen Avitus Panjaitan dalam keterangan tertulis yang diterima di Denpasar, Bali, Kamis mengajak masyarakat Bali untuk turut mendukung dan menyukseskan KTT AIS, yang akan di laksanakan di kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Dia mengatakan pertemuan internasional tersebut, selain membahas isu-isu penting terkait kelautan, juga sangat potensial dan strategis untuk memajukan pariwisata Bali.

"Mari kita dukung dan sukseskan KTT AIS 2023, dengan menjaga situasi Kamtibmas Bali agar tetap aman dan kondusif, karena kesuksesan dari KTT ini akan berdampak kepada sektor pariwisata dan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau Bali yang kita cintai ini," kata Jansen.

Operasi pengamanan KTT AIS akan berjalan mulai 8 Oktober-13 Oktober 2023 sampai para delegasi meninggalkan Bali.

Oleh karena itu, Polda Bali meminta maaf kepada jika nantinya ada pengalihan jalur dan rekayasa lalu lintas ketika para delegasi akan melintas di sejumlah ruas jalan di Bali.

"Kepada masyarakat dan para wisatawan yang sedang berlibur di Bali, khususnya seputaran kota Denpasar, kabupaten Badung, hingga Gianyar, jika menemukan gangguan Kamseltibcarlantas seperti kemacetan arus lalu lintas, kami minta maaf kemungkinan itu dampak dari persiapan dan pelaksanaan KTT AIS tersebut," kata mantan Kapolresta Denpasar itu.

Untuk menunjang keamanan KTT AIS Forum 2023, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar operasi terpusat "Operasi Tribrata Agung" yang akan digelar di Bali pada 10-11 Oktober 2023 dengan menerjunkan sebanyak 4.083 personel. Selain itu, personel TNI pun disiagakan pada ring 1 pengamanan tamu VVIP khususnya Paspampres.

Indonesia tahun ini didapuk menjadi tuan rumah KTT AIS 2023 mengusung tema "Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Futur".

Adapun agenda pertemuan tersebut akan berfokus kepada tiga aspek penting yaitu, pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim dan mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

Baca juga: Kadin berharap KTT AIS Forum 2023 bisa memperkuat program ekonomi biru

Baca juga: Pangdam Udayana jamin Bali aman untuk pergelaran KTT AIS Forum

 

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023