Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara Rahmat Kristantio mengimbau warga menghindari kelalaian pemicu kebakaran lahan seperti meninggalkan bara di puntung rokok dan pembakaran sampah.

Rahmat dalam di Jakarta Utara, Kamis, mengatakan, 21.000 meter persegi lahan kebon kosong di Rorotan, Cilincing siang tadi rusak karena dilalap api yang diduga dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"28 September 2023, kebakaran lahan juga terjadi di Rorotan. Dugaan pemicunya karena warga lalai meninggalkan api saat membakar sampah. Kami mengimbau warga ke depannya lebih berhati-hati dalam beraktivitas agar terhindar dari peristiwa serupa," ujar Rahmat.

Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Utara bergerak cepat memadamkan kebakaran di Jalan Kirana Boulevard Selatan, RT 05/RW05 Rorotan, Cilincing, Rabu siang.

Laporan kebakaran diterima sekitar pukul 12.15 siang namun api baru berhasil dikuasai sekitar pukul 17.02 petang.

Total pengerahan sebanyak 11 unit pemadam dengan kekuatan 65 personel untuk mengatasi kebakaran ini.

Menurut Rahmat, petugas membutuhkan waktu lama untuk memadamkan api yang membakar ilalang di atas lahan seluas 21.000 meter persegi tersebut, lantaran besarnya hembusan angin serta banyaknya barang yang mudah terbakar di sekitar lokasi

"Saat ini proses pemadaman sudah dinyatakan rampung," pungkasnya.

Baca juga: BPBD DKI: Respons cepat warga dapat kurangi fatalitas kebakaran

Baca juga: BPBD DKI beri bantuan logistik untuk 200 jiwa penyintas kebakaran

Baca juga: DKI kemarin, rekayasa lalu lintas HUT TNI hingga kebakaran di Jaksel

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023