Jakarta (ANTARA) - Waterproofing atau prosedur mengaplikasikan bahan pelapis anti bocor pada rumah menjadi hal penting untuk mencegah kebocoran atau rembesan air, khususnya pada area kamar mandi.

Kamar mandi memerlukan waterproofing yang prima untuk mencegah rembesan air, apalagi rumah di kota besar umumnya memiliki dua lantai atau lebih dengan minimal tersedia satu kamar mandi di tiap lantai.

Untuk itu, pemilik hunian perlu mengenali beberapa jenis waterproofing guna mencegah rembesan air kamar mandi di lantai dua yang menyebabkan noda-noda pada plafon rumah. Bila terus dibiarkan, rembesan tersebut akan berdampak lebih besar, misalnya lapisan yang berlumut hingga plafon ambruk.

Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof) Chandra Kurniawan menjelaskan, prosedur mengaplikasikan bahan pelapis anti bocor yang cocok untuk kamar mandi adalah menggunakan dua komponen yang memiliki sifat kedap air, daya lekat tinggi, kuat dan tahan terhadap genangan air serta bersifat fleksibel agar tidak mudah retak.

Baca juga: Supergrout luncurkan tiga warna baru

"Waterproofing dua komponen tidak sulit untuk digunakan. Pengadukan kedua komponen itu terbilang mudah dan tidak terasa berat bila dilakukan pengadukan manual, aplikasinya juga sama seperti cat anti bocor pada umumnya," kata Chandra Kurniawan dalam siaran resmi pada Sabtu.
 
Aquagard Waterproofing (ANTARA/HO)


Untuk itu, Aquaproof mengenalkan Aquagard sebagai produk waterproofing dua komponen berbahan semen (cementitious waterproofing) dengan Flexible Cementitious Technology atau lapisan fleksibel yang tidak mudah retak meski digunakan untuk rumah yang berlokasi di pergerakan mikro seperti dekat jalur kereta api atau angkutan bermuatan besar.

Aquagard Waterproofing kamar mandi terdiri dua komponen yaitu bubuk berbahan semen khusus dan komponen cair berbahan emulsi polimer. Keduanya dapat dicampurkan dan diaduk rata dengan perbandingan 3:1.

"Cukup gunakan kuas ataupun rol, dan aplikasikan merata pada permukaan lantai kamar mandi yang telah dibersihkan sebelumnya," kata Chandra Kurniawan.

Agar hasilnya optimal, kata Chandra, pelapisan dilakukan dua lapis tanpa menambahkan komponen lain seperti air, dan lapisan kedua Aquagard dilakukan setelah lapisan pertama kering sentuh.

Adapun pada area sudutan, sambung Chandra, bisa diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh saat lapisan pertama Aquagard masih basah.

"Kemasan Aquagard juga tersedia dalam ukuran 4 kg set. Ukuran itu sangat pas untuk lantai kamar mandi seluas 3-4 m², sudah termasuk dua kali pelapisan," tutup Chandra Kurniawan.

Baca juga: Tips membuat kopi instan sendiri di rumah

Baca juga: Tiga langkah penting untuk raih hidup berkecukupan

Baca juga: Tips menjaga kebersihan lantai saat punya balita

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023