Banjarmasin (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan melaporkan sejumlah wilayah di provinsi setempat turun hujan hingga membuat langit lebih terang pada Sabtu hari ini.  
 
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalsel Pormadi di Banjarmasin, Sabtu mengatakan, terjadi turun hujan pada hari ini di wilayah Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan demikian juga sekitarnya.
 
"Di wilayah Kota Banjarbaru juga demikian, meski intensitasnya ringan dan sedang," ujarnya.
 
Menurut dia, turunnya hujan masih di musim kemarau ini karena upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membuat hujan buatan yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dilaksanakan sejak 6--8 Oktober 2023.
 
Sebagaimana juga harapan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor agar provinsinya dibantu untuk hujan buatan selain mengatasi kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, juga kabut asap.
 
"Ini bagian dari upaya ikhtiar serta kekuasaan Allah SWT," ujar Pormadi yang juga anggota Satgas Udara Kalsel.
 
Dengan terjadinya hujan pada hari ini, langit terpantau sudah mulai terang, kurang diselimuti kabut asap lagi.
 
"Alhamdulillah hasil rapat briefing satgas udara pagi tadi, udara di kawasan Banjarbaru dan sekitarnya dalam kondisi cukup bersih. Dan jam terbang pesawat berjalan normal," ucap Pormadi.
 
Sementara itu, Kepala BPBD Kalsel R Suria Fadliansyah dalam rilis resminya mengatakan, bersama segenap pihak, kerja keras untuk memadamkan api dengan berbagai cara tetap terus dilanjutkan.
 
Menurut dia, Gubernur menginstruksikan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Kalsel bersama pemerintah kabupaten/kota terus memantapkan kolaborasi yang telah terbangun harmoni.
 
"Gubernur juga minta kita semua terus bantu masyarakat yang terdampak akibat kabut asap atau kekeringan sesuai kemampuan dan tata aturan," katanya.
 
Selain itu, dia menambahkan, Gubernur juga berharap air bersih dan masker terus dibagikan serta tetap upayakan pencegahan dalam mengurangi risiko bencana.

Baca juga: Kalsel pusatkan penanggulangan karhutla dua pekan di Banjarbaru

Baca juga: BNPB dorong tambah unit heli bom air tangani karhutla Kalteng-Kalsel

Baca juga: Danrem 101/Antasari: Kalsel masih butuh hujan buatan atasi karhutla

Baca juga: Wamen LHK padamkan kebakaran gambut di area hutan lindung di Banjar
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023