program ini agar mereka dapat memahami instrumen-instrumen akreditasi
Surabaya (ANTARA) - Lima puluh perguruan tinggi swasta di Jawa Timur mengikuti bimbingan teknis penyusunan dokumen akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Informasi dan Komputer (LAM Infokom) di Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Ketua Dewan Eksekutif LAM Infokom Prof Dra Sri Hartati, MSc Ph.D, di Surabaya, Minggu menjelaskan bimbingan teknis seperti ini dilakukan karena dari sekitar 2.200 program studi di Indonesia, hanya sepertiga yang memenuhi posisi standar nasional.

"Ini menjadi keprihatinan LAM Infokom sehingga mengadakan program ini agar mereka dapat memahami instrumen-instrumen akreditasi. Pembinaan ini diharapkan memberikan manfaat maksimal bagi program studi," kata Prof Sri sapaan akrabnya.

Pelaksanaan bimtek mencakup materi standar dan SPMI, paparan kriteria A - C9, serta penyusunan kriteria A - C9 didampingi oleh tiga Asesor dari LAM Infokom.

“Pendidikan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, dan hal ini dapat diwujudkan melalui pencapaian kompetensi-kompetensi oleh program studi pada seluruh perguruan tinggi di Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Enam prodi USK raih akreditasi internasional
Baca juga: Tiga program studi pascasarjana UI raih akreditasi internasional


Sementara itu, Ketua Prodi Sistekin Untag Surabaya Supangat, Ph.D., ITIL., COBIT., CLA, mengatakan 50 kampus yang mengikuti kegiatan ini merupakan perguruan tinggi anggota Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Supangat menegaskan prodinya terus berkomitmen dalam upaya menuju akreditasi baik sekali dan meraih unggul.

Apalagi calon mahasiswa saat ini sering menanyakan tentang akreditasi jurusan, yang selalu menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

"Prodi Sistekin Untag Surabaya terus berkomitmen dalam upaya mencapai akreditasi menuju baik sekali meraih unggul, salah satunya dengan menjadi tuan rumah kegiatan ini,” katanya.

Baca juga: Prodi dan Pendidikan Profesi Dokter ULM raih akreditasi unggul
Baca juga: Empat prodi PCU dapatkan akreditasi internasional AQAS dan IABEE
Baca juga: Prodi Pendidikan Dasar Program Magister UT raih Akreditasi A


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023