Pertagas berkomitmen berpartisipasi dalam upaya peningkatan kapasitas SDM guna mendorong penguatan ekonomi
Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas), afiliasi dari Subholding Gas Pertamina, menyelenggarakan pelatihan keterampilan welder atau las bagi 10 warga asal Desa Talang Mandi Kecamatan  Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan warga Mandau itu merupakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang ekonomi dari unit usaha Pertagas yakni Operation Rokan Area (ORA) berkolaborasi bersama dengan pemerintah setempat yang dilaksanakan selama dua hari.

"Pertagas berkomitmen berpartisipasi dalam upaya peningkatan kapasitas SDM guna mendorong penguatan ekonomi," kata General Manager (GM) Pertamina Gas Operation West Region (OWR) Indra Sembing dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Menurut Indra, setelah pelatihan dan jika warga mahir serta memiliki sertifikat dalam mengela bisa memperoleh gaji lumayan karena pekerjaan pengelasan tidak mudah karena perlu keterampilan dalam menyambung dua logam, besi, aluminium atau material lain.

Camat Mandau Riki Rahadi menyampaikan apresiasi kepada Pertagas ORA karena telah memberikan kesempatan warga untuk berlatih welder sehingga keterampilan warga berkembang dan dapat digunakan untuk menambah penghasilan dari usaha kelompok warga tersebut.

Baca juga: Pertagas gandeng Kemenparekraf gelar pelatihan batik ecoprint di Kukar

Baca juga: Pertagas salurkan bantuan paket logistik korban banjir Lumajang Jatim


Kepala Perwakilan LAZNAS IZI Riau Iqbal Farizi menyampaikan terima kasih kepada Pertagas atas peran pemberdayaan yang dilakukan untuk masyarakat Riau dan menunjuk Lembaga IZI sebagai pelaksana beberapa program khusus pelatihan welder.

Manajer Communication, Relations & CSR Pertagas Imam Rismanto menyampaikan bahwa Pertagas dalam kegiatan peningkatan kapasitas keterampilan warga berkomitmen secara konsisten dalam upaya meningkatkan keterampilan masyarakat sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Pertagas berkomitmen menjalankan bisnis perusahaan dengan tumbuh bersama masyarakat melalui Program CSR di bidang ekonomi berkolaborasi dengan pihak terkait dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi warga,” kata Imam.

Program CSR Pertagas, katanya, menyebutkan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pilar ke-8 yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Pertagas tanam 1.200 pohon untuk konservasi primata endemik Riau

Baca juga: Pertagas raih dua penghargaan di Nusantara CSR award 2023

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023