Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Konser "Pesta Rakyat" dengan bintang tamu grup band Dewa 19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 15 Oktober 2023 menggerakkan puluhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal untuk mendongkrak sektor perekonomian di kabupaten setempat.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember untuk melibatkan UMKM lokal di sekitar lokasi konser di Stadion Jember Sport Garden (JSG)," kata Founder Saga Indonesia yang menjadi Promotor Dewa 19, Aan Nugroho saat menggelar konferensi pers di alun-alun Jember, Minggu malam.

Menurutnya ada beberapa UMKM yang memang berjualan di sekitar lokasi konser tanpa harus membayar biaya stand, namun ada juga UMKM yang harus membayar dengan tujuan untuk memberdayakan UMKM di Kabupaten Jember.

"Para penonton bisa menikmati berbagai produk makanan, minuman dan lainnya dari UMKM Jember sebelum menonton konser dengan harga yang terjangkau tentunya," tuturnya.

Ia mengatakan target penonton pada konser Pesta Rakyat Dewa 19 di Stadion Jember Sport Garden sebanyak 30.000 orang, namun hingga sepekan sebelum konser atau Minggu ini sudah terjual 25.000 tiket.

"Antusias masyarakat di Jember cukup tinggi untuk menonton grup band Dewa 19, bahkan banyak warga dari luar daerah yang sudah membeli tiketnya, sehingga hal itu berdampak pada peningkatan transportasi dan hotel di Jember," katanya.

Konser Dewa 19 di Jember itu diselenggarakan atas kerja sama antara Saga Indonesia dan perusahaan manajemen perjalanan yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Jelajahin.id.

"Menariknya pada konser Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat itu, grup besutan Ahmad Dani akan menampilkan sebanyak 25-30 lagu. Kalau ditotal dengan beberapa grup pengiring yakni Andra and The Backbound dan Ahmad Band jumlahnya mencapai 55 lagu.

Konser "Pesta Rakyat" di Jember sengaja digelar dengan tujuan agar seluruh masyarakat dan tentunya para pecinta musik bisa menyaksikan serta menikmati penampilan dari musisi-musisi legendaris Indonesia karena Ahmad Dhani akan tampil bersama Marcello Tahitoe, Virzha, Andra and The BackBone, serta Ahmad Band.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023