cuaca panas dan angin kencang cukup mempercepat perluasan areal yang terbakar
Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur berhasil menangani kebakaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo yang terbakar pada Minggu (8/10) sore.

Plt. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun Hendro Pradono mengatakan kebakaran diketahui sekitar pukul 16.00 WIB. Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar sampah di Zona 6.

"Penyebabnya belum diketahui, tetapi yang jelas cuaca panas dan angin
 kencang cukup mempercepat perluasan areal yang terbakar," ujar Hendro di Madiun, Minggu malam.

Menurut dia, api menyebar cukup cepat karena dipengaruhi angin dan juga panasnya cuaca. Apalagi, area Zona 6 dipenuhi sampah kering yang mudah terbakar.

Sesuai data, api membakar sepertiga dari Zona 6. Zona tersebut berada di sisi paling barat area TPA. Kebakaran kali ini terjadi di sisi selatan zona tersebut.

Baca juga: Luas terbakar susut, status TPA Putri Cempo Solo akan diturunkan
Baca juga: Wali Kota: Kebakaran TPA Jatibarang diduga akibat ilalang terbakar


Hendro menambahkan sampah yang terbakar tersebut merupakan zona pasif, yakni tumpukan sampah dari tahun 2019-2020.

Ia menjelaskan, kebakaran sejatinya sudah pernah terjadi sebelumnya. Namun, di lokasi yang berbeda. Adapun, kebakaran yang pertama terjadi di Zona 6 sisi utara.

"Areal ini cukup jauh dengan perkantoran. Yang terbakar ini area tumpukan sampah yang berbatasan langsung dengan pagar barat. Jadi, tidak membahayakan karena berbatasan dengan areal persawahan," katanya.

Meski api berhasil padam, namun asap sisa pembakaran sampah sesekali masih mengepul di area setempat.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal serupa dan asap mengganggu warga, pihaknya bekerja sama dengan OPD lain terkait untuk mengedukasi petugas maupun warga yang membantu proses pemilahan sampah di zona-zona setempat agar tidak melakukan aktivitas yang memicu kebakaran. 

Baca juga: KLHK minta pemerintah daerah jaga TPA agar tidak terbakar
Baca juga: 11 hari terbakar, BPBD berupaya kendalikan api TPA sampah di Belitung
Baca juga: TPA sampah Kopi Luhur di Cirebon terbakar Sabtu sore

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023