Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama sepekan terakhir antara lain Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberlakukan tilang uji emisi bersama Polda Metro Jaya pada awal November 2023.
 
Lalu, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta membentuk Satgas Kelurahan untuk mengoptimalkan pencegahan kebakaran di DKI Jakarta.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
1. DKI Jakarta buka peluang jadi tuan rumah Half Marathon Asia 2024
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Jakarta membuka peluang untuk menjadi tuan rumah lomba lari Half Marathon Asia 2024.
 
Heru Budi Hartono mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mempersiapkan upaya bidding atau penawaran untuk menjadi tuan rumah perhelatan lomba lari level Asia tersebut.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. Tilang uji emisi kembali berlaku mulai awal November
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberlakukan tilang bagi kendaraan yang belum atau tidak lulus uji emisi bersama dengan Polda Metro Jaya pada awal November 2023.
 
"Terkait tilang uji emisi sudah dilakukan koordinasi dengan Ditlantas dan rencananya pada awal November mendatang tilang uji emisi kembali dilaksanakan di beberapa lokasi," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
3. Pekerja tanggul pengaman pantai di Muara Baru setel tinggi naik 20 cm
 
Pekerja proyek tanggul pengaman pantai di lahan PT Pelindo (Persero) Muara Baru, RW 17 Penjaringan, Jakarta Utara, menyetel ketinggian hingga 20 cm yang dilakukan secara berkala setiap dua tahun.
 
Menurut pengawas pekerjaan proyek peninggian tanggul Muara Baru, M Djahruddin, Kamis, penyesuaian tinggi tanggul dilakukan secara rutin dua tahun sekali, supaya air laut tidak meluap ke atas saat pasang laut sedang tinggi.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
Razia tilang uji emisi kendaraam bermotor di depan Taman Anggrek, Jakarta Barat, Jumat (1/9/2023). ANTARA/Risky Syukur/am.

4. Heru bentuk timsus penyusunan usulan RUU Daerah Kekhususan Jakarta
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membentuk tim khusus (timsus) penyusun dan penyempurnaan usulan untuk naskah akademik dan Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai Daerah Kekhususan Jakarta (DKJ).
 
"Membentuk Tim Penyempurnaan Usulan Rancangan Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang mengenai Kekhususan Jakarta" kata Heru dalam pernyataan resmi, dikutip di Jakarta, Senin.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. Gulkarmat DKI bentuk Satgas Kelurahan untuk pencegahan kebakaran
 
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah membentuk Satgas Kelurahan untuk mengoptimalkan pencegahan kebakaran di DKI Jakarta.
 
"Salah satu tugas dari Satgas Kelurahan adalah 'woro-woro' atau mengumumkan informasi pencegahan kebakaran kepada warga," kata Kepala Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Gulkarmat DKI Saepuloh di Kantor Dinas Gulkarmat DKI, Jakarta, Rabu.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023