Tokyo (ANTARA) - Jepang memperluas peringatan tsunami ke lebih banyak wilayah pesisir di sepanjang Samudra Pasifik pada Senin setelah mengeluarkan peringatan tersebut ke dua wilayah pulau di selatan Tokyo.

Peringatan ini berlaku di wilayah barat daya Kepulauan Amami, sekitar 1.542 kilometer dari ibu kota negara, dan bagian timur prefektur Chiba di sebelah Tokyo mulai pukul 01.30 GMT (pukul 08.30 WIB) pada Senin.

Penduduk di beberapa prefektur di mana peringatan tersebut berlaku telah didesak untuk mengungsi, menurut laporan media. Sejauh ini tidak ada kerusakan signifikan yang dilaporkan.

Tsunami telah mencapai beberapa wilayah pulau, yang melaporkan gelombang setinggi 60 sentimeter, kata lembaga penyiaran nasional NHK.

Peringatan itu muncul setelah gempa bumi di dekat Pulau Torishima pada pukul 5:25 pagi waktu setempat (pukul 03.25 WIB), menurut Badan Meteorologi Jepang. Survei Geologi Amerika Serikat mengukur gempa di wilayah tersebut dengan kekuatan magnitudo 4,9.

Kawasan Kepulauan Izu, sekitar 100 kilometer selatan Tokyo, adalah lokasi peringatan tsunami yang dipicu gempa bumi pada Kamis lalu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Gempa 6,3 Magnitudo guncang Jepang barat
Baca juga: Banda Aceh lanjutkan kerjasama mitigasi bencana dengan Jepang
Baca juga: Gempa guncang Fukushima, Jepang
 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023