Ambon (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyelenggarakan layanan Rumah Sakit Kapal Apung di Pulau Larat, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku guna memastikan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sampai ke pelosok negeri.

"Layanan ini dilakukan sebagai kompensasi terbatasnya pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan di daerah yang belum tersedia fasilitas kesehatan memenuhi syarat," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf di Ambon, Senin.

Layanan RS Kapal Apung menggunakan Kapal Apung Nusa Waluya II merupakan bentuk kolaborasi untuk mendukung program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Baca juga: Pemkot Ambon lakukan razia ODGJ untuk mendapat layanan JKN KIS

Menurut dia, layanan ini terselenggara atas kerja sama dengan Yayasan Dokter Peduli (Doctor Share Foundation) dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Saiyed mengatakan BPJS Kesehatan ingin terus melakukan peningkatan layanan kesehatan kepada setiap peserta, termasuk pada peserta yang tinggal di daerah yang belum tersedia fasilitas kesehatan sesuai dengan hasil penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

"Jika pada suatu daerah belum tersedia fasilitas kesehatan yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan medis peserta, BPJS Kesehatan wajib memberikan kompensasi sebagai upaya peningkatan aksesibilitas penjaminan pelayanan program jaminan kesehatan," katanya.

Salah satu warga yang hadir pada kegiatan itu, Monika Kabalessy menyambut baik adanya pelayanan medis RS Kapal Apung. Ia mengaku senang dengan adanya pelayanan kesehatan ini.

"Sekarang kami tidak perlu jauh-jauh lagi ke kota Saumlaki untuk mengakses pelayanan kesehatan, dengan adanya pelayanan medis RS Kapal Apung ini, kami bisa mengakses pelayanan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ruben Benharvioto Moriolkossu menyampaikan terima kasih atas dukungan sinergi BPJS Kesehatan dan Yayasan Doctor Share, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Baca juga: Pelayanan JKN KIS di Ambon tetap prima selama libur Lebaran

Baca juga: Tingkat kepesertaan JKN-KIS di Maluku mencapai 94,62 persen


"Kegiatan pelayanan medis RS Kapal Apung Nusa Waluya II di Pulau Larat ini membantu masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan," ujarnya .

Ia mengakui di daerah itu belum tersedia fasilitas kesehatan yang memenuhi syarat, sehingga terbantu dengan adanya rumah sakit kapal apung ini.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemerataan derajat kesehatan masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar," kata dia.

Pewarta: John Soplanit
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023