Jakarta (ANTARA) - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara akan menjadi PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi, kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

“Belum pernah dua provinsi, ini pertama kali,” kata Budi dalam keterangan pers setelah rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Di kesempatan yang sama, Wakil I Ketua Umum KONI Suwarno menjelaskan penyelenggaraan PON di dua provinsi awalnya direncanakan pada 2021 saat PON XX di Papua.

Saat itu, Papua direncanakan berduet dengan Papua Barat menjadi tuan rumah PON namun batal karena bertentangan dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga.

Setelah PP 17/2007 direvisi, maka untuk pertama kalinya PON akan digelar di dua provinsi yakni Aceh dan Sumatera Utara.

“Ini penyelenggaraan PON dua provinsi atau satu provinsi lebih yang pertama. Jadi bagi kami sendiri, ini merupakan suatu pengalaman pertama menyelenggarakan PON di dua provinsi,” ujarnya seraya menambahkan penunjukan dua provinsi itu dilakukan melalui “bidding”.

Suwarno menjelaskan PON XXI akan digelar pada 8-20 September 2024. Pesta olahraga multicabang terbesar di Indonesia itu akan dibuka di Aceh dan ditutup di Sumatera Utara.

Baca juga: Pembangunan stadion utama PON 2024 telan anggaran Rp587 miliar

PON XXI 2024 Aceh-Sumut akan mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan 32 cabang olahraga digelar di Aceh dan 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumut.

Suwarno meyakini segala hambatan penyelenggaraan PON XXI akan teratasi dengan dukungan pemerintah pusat dan daerah.

“Kita yakin PON akan dilaksanakan tahun depan, untuk cabang olahraga, masih akan kita lihat, sekarang akan ada babak kualifikasi, kualifikasi akan selesai pada November,” kata dia.

Menurut informasi di laman resmi KONI, selain menjadi PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi, PON XXI juga akan menjadi yang perdana dengan peserta dari empat provinsi Daerah Otonom Baru (DOB) baru di Papua yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Baca juga: Wagub NTT beraudiensi dengan Menpora terkait kesiapan PON 2028
Baca juga: Run for PON 2023 sukses menyedot animo masyarakat


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023