Jakarta (ANTARA) -
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI mengingatkan kepada kelompok kerja pada masing-masing pilar untuk menyampaikan progres pelaksanaan dan keluaran Rencana Aksi Nasional Pencegahan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE).
 
Pada Rapat Koordinasi Kedua Tim Sekretariat BNPT Terkait RAN PE Tahun 2023 di Jakarta, Senin (9/10), BNPT mengingatkan kelompok kerja melaporkan progres RAN PE periode Januari–Oktober 2023 melalui platform I-Khub.
 
Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa, Sekretaris Utama BNPT RI Bangbang Surono menjelaskan bahwa progres pelaksanaan dan keluaran RAN PE tersebut sangat penting sebagai bahan analisis dan penyempurnaan laporan pelaksanaan RAN PE tahun 2023.
 
"Adapun penyampaian knowledge product/keluaran RAN PE tersebut akan digunakan oleh Sekretariat Bersama RAN PE dalam menganalisis informasi dan penyempurnaan Laporan Pelaksanaan RAN PE Tahun 2023," kata Bangbang.
 
Selain itu, kata Bangbang, penyampaian progres pelaksanaan dan keluaran RAN PE 2023 juga bertujuan agar pelaksanaan RAN PE tahun ini dan tahun mendatang berjalan dengan optimal.
 
Di sisi lain, dia juga mengingatkan akan pentingnya koordinasi yang intensif dan proaktif dengan kementerian/lembaga terkait.
 
"Saya juga berharap kiranya masing-masing Ketua Pokja (Kelompok Kerja) Pilar 1, 2, dan 3 RAN PE dapat melakukan koordinasi yang Intensif dan proaktif dengan kementerian/lembaga terkait untuk mengidentifikasi progres pelaksanaan RAN PE Tahun 2023," katanya.
 
Dijelaskan Bangbang, pada tahun ini, terdapat 64 aksi dari 79 aksi yang telah dikomitmenkan oleh kementerian/lembaga dengan perincian 41 dari 50 aksi (82 persen) dikomitmenkan di Pilar 1.
 
Disebutkan pula terdapat 12 dari 15 aksi (80 persen) telah dikomitmenkan di Pilar 2 dan 12 dari 14 aksi (79 persen) telah dikomitmenkan di Pilar 3 dengan total keterlibatan kementerian/lembaga mencapai 36 dari 44 kementerian/lembaga.

Baca juga: Habib Ja’far: Anak muda perlu kreatif galang perdamaian di RI
Baca juga: RI-Jepang perkuat kerja sama cegah penggunaan teknologi pada terorisme

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023