Saya sampaikan anak muda di AIS mulai menyatukan visi misi dan kemudian fokus bahwa mereka harus ada di sektor maritim
Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menekankan pentingnya anak muda di Forum Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) terdepan dalam mengelola sektor maritim karena laut menyimpan potensi besar untuk ekonomi biru.

“Saya sampaikan anak muda di AIS mulai menyatukan visi misi dan kemudian fokus bahwa mereka harus ada di sektor maritim,” kata Menpora Dito di sela "Startup Blue Business Summit" yang merupakan serangkaian dari KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Bali, Selasa.

Tak hanya itu Menpora juga mengajak anak muda berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, organisasi non-profit, sektor bisnis, dan pemerintah, untuk langkah konkrit melestarikan laut karena negara-negara AIS Forum dikelilingi wilayah laut.

Sebagai generasi penerus, lanjut dia, anak muda yang hidup dengan lingkungan bahari, mereka perlu mengelola lautan dan menciptakan peluang ekonomi biru, fokus dalam pembangunan berkelanjutan, dan menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi.

Dito menambahkan ada lima inisiatif yang bisa menjadi penggerak ekonomi biru yakni pertama secara kolektif melindungi ekosistem maritim untuk memastikan konektivitas dan mencegah eksploitasi dengan mempertahankan keseimbangan ekologi dan spesies maritim.

Baca juga: KKP: Negara peserta AIS Forum tertarik terapkan ekonomi biru
Baca juga: Indonesia mempromosikan program ekonomi biru dalam KTT AIS Forum


Kedua, memastikan kolaborasi untuk mengatasi perubahan iklim dengan mengurangi emisi karbon dan memitigasi peningkatan permukaan air laut.

Ketiga, lanjut dia, terlibat bisnis ramah lingkungan di sektor maritim, seperti perikanan, pariwisata, transportasi, energi baru terbarukan, teknologi maritim, dan riset.

Kemudian keempat yakni kolaborasi multi-sektor terkait komunitas pesisir yang bergantung dengan sumber daya maritim, dan terakhir menjaga transportasi maritim sebagai pintu gerbang pertumbuhan ekonomi global.

AIS Forum merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan yang bertujuan memperkuat kolaborasi mengatasi empat masalah global yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif serta sebagai wadah gotong royong dalam mendorong agenda masa depan yakni tata kelola laut global.

Ada pun AIS Forum menempatkan anak muda menjadi salah satu pilar penting untuk solusi inovatif dalam menentukan masa depan kelautan.

Baca juga: KKP: Negara peserta AIS Forum tertarik terapkan ekonomi biru

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023