Sebagai bank sentral, kami memiliki kewajiban menjaga kedaulatan bangsa dengan cara menyediakan uang rupiah.
Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (BI Kalsel) dan jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru melaksanakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat di empat pulau Kabupaten Kotabaru mulai 9-16 Oktober 2023.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pemenuhan kebutuhan uang rupiah, mempercepat penarikan uang lusuh, menyediakan jumlah uang rupiah yang cukup, dan edukasi cinta bangga paham (CBP) rupiah ke masyarakat,” kata Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Manajemen Internal BI Kalsel Robi Ariadi, di Banjarmasin, Selasa malam.

Robi menyebutkan, BI Kalsel menggandeng TNI-AL mengunjungi empat pulau di Kabupaten Kotabaru, yakni Pulau Kerasian, Pulau Kerayaan, Pulau Muara Batuan, dan Pulau Maradapan.

“Sebagai bank sentral, kami memiliki kewajiban menjaga kedaulatan bangsa dengan cara menyediakan uang rupiah sebagai alat pembayaran yang sah hingga ke seluruh pelosok negeri,” ujarnya pula.

Menurut dia, penggunaan mata uang rupiah oleh seluruh lapisan masyarakat merupakan salah satu bentuk upaya menjaga kedaulatan bangsa.

Pada kesempatan itu, BI Kalsel memberikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PBSI) berupa sarana dan prasarana pendidikan untuk SDN Rusung Raya di Pulau Kerayaan. Bantuan itu juga sebagai kontribusi BI Kalsel untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta peningkatan kualitas pendidikan di kepulauan tersebut.

Robi menjelaskan pelaksanaan ekspedisi rupiah tersebut merupakan amanat Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, yaitu untuk menyediakan uang rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut Hapsoro mengatakan pihaknya mendukung penuh program Ekspedisi Rupiah di wilayah pertahanan markasnya.

Dia mengatakan, pihaknya memberikan fasilitas armada transportasi berupa KRI Layang 635 milik TNI AL untuk mengunjungi pulau-pulau terluar.

“Semoga ekspedisi tujuh hari ini berjalan dengan lancar dan mencapai seluruh lokasi tujuan,” ujar Hapsoro.
Baca juga: BI gandeng Koarmada II gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 
Baca juga: BI Maluku kembali gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat ke daerah 3T

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023