Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia konsisten menyuarakan kepentingan negara-negara kepulauan dan berkembang dalam berbagai forum internasional, dengan melibatkan negara-negara itu dalam KTT G20 tahun lalu, KTT ASEAN dan KTT AIS Forum tahun ini.

"Indonesia juga berkomitmen menyiapkan dana hibah untuk dimanfaatkan bagi kepentingan negara kepulauan dan negara berkembang," kata Presiden Jokowi saat membuka KTT AIS Forum di Nusa Dua, Bali, pada Rabu.

Di tengah kondisi dunia yang dipenuhi persaingan, konflik, dan menurunnya kepercayaan, maka persatuan dan kerja sama di antara negara pulau dan kepulauan menjadi hal yang penting, kata Jokowi.

Apalagi, sambung Jokowi, negara berkembang dan negara pulau kecil adalah pihak yang paling rentan terdampak krisis perubahan iklim.

Oleh karena itu, kerja sama harus dikuatkan agar negara-negara AIS Forum bisa menghadapi berbagai masalah global seperti kenaikan permukaan air laut, tata kelola sumber daya laut, dan pencemaran laut, tandas Jokowi.

“Indonesia ingin mengajak seluruh negara yang hadir,  marilah kita tetap memilih untuk terus menjalin kesatuan dan terus menjalin kolaborasi, walaupun di tengah kondisi dunia yang terbelah. Let us walk, and walk together (Mari kita berjalan bersama)," ajak Jokowi.

Baca juga: AIS Forum wakili sepertiga wilayah laut dunia

Indonesia menjadi tuan rumah KTT pertama AIS Forum yang dihadiri 30 dari total 51 negara peserta forum ini, dan empat organisasi internasional.

Pada tingkat kepala negara/pemerintahan, KTT ini dihadiri Presiden Federasi Mikronesia Wesley Simina, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, PM Niue Dalton Tagelagi, PM Sao Tome and Principe Partice Emery Trovoada, dan PM Tuvalu Kausea Natano.

Kemudian, Deputi PM Fiji Manoa Seru Nakausabaria Kamikamica dan Deputi PM Tonga Samiu Kuita Vaipulu.

Sementara delegasi lainnya dipimpin oleh menteri, wakil menteri, pejabat tinggi,  dan duta besar.

Pertemuan puncak itu fokus kepada penguatan kerja sama  mengatasi empat isu global,  yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi RI telah mengumumkan komitmen pendanaan sebesar 5 juta dolar AS selama 2022-2025 untuk mendukung eksistensi AIS Forum sebagai kontribusi nyata bagi pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Indonesia ajak negara AIS Forum bersama hadapi tantangan global

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023