Sorong (ANTARA) - Istri Wakil Presiden RI Wury Ma'ruf Amin meresmikan operasional Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua Barat Daya di Kota Sorong pada Rabu.

"Semoga dengan diresmikannya kantor ini bisa membawa kemajuan bagi perajin dan kerajinan di Papua Barat Daya," katanya.

Usai peresmian, Istri Wakil Presiden RI bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) meninjau Kantor Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya.

Kantor Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya di Jalan Basuki Rahmat KM 95, Kota Sorong, menampilkan produk kerajinan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Sorong serta Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Tambrau, Maybrat, dan Raja Ampat.

Produk yang ditampilkan di Kantor Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya antara lain tas anyaman, penutup kepala, tas rajut, noken, kain tenun, pelepah pahat, dan mahkota pelepah pisang.

Selain itu, juga ada produk makanan dan minuman seperti abon cakalang, keripik keladi, kopi senang bubuk, dan wedang jahe.

Wury menyampaikan apresiasi kepada para perajin tenun yang telah ikut melestarikan budaya Papua Barat Daya.

"Mudah-mudahan dengan adanya Kantor Dekranasda ini kegiatan ibu bisa dimudahkan. Produk-produk Provinsi Papua Barat Daya bisa terangkat," katanya.

Mince Humbles, seorang penenun kain bermotif Boirim, mengatakan bahwa dia sudah lama membuat kain tenun dengan motif khas Papua Barat Daya.

"Saya sudah menenun dan melestarikan kebudayaan ini selama 34 tahun," kata warga Kabupaten Maybrat itu.

Sementara itu, Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya Andar Aryani Musa'ad menyampaikan bahwa kepengurusan Dekranasda Papua Barat Daya disahkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum Dekranas pada 5 April 2023.

"Setelah disahkan, kami mengikuti beberapa kegiatan Dekranas, di antaranya HUT Dekranas ke-43 di Kota Medan, sekaligus mengikuti Pameran Produk Wastra dan Kerajinan pada 10-14 Mei 2023," katanya.

Andar bersama pengurus Dekranasda Papua Barat Daya juga mengikuti Rapat Kerja Nasional dan Pameran Kriyanusa di Jakarta pada September 2023.

Pada acara peresmian Kantor Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya, Andar mengapresiasi upaya percepatan pembangunan Papua yang dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Tentunya kunjungan kerja ini sangat memotivasi kami sebagai pengurus yang baru untuk lebih maju lagi ke depan dalam membina para perajin yang ada di Provinsi Papua Barat Daya ini," katanya.

Baca juga:
Istri Wakil Presiden tekankan pentingnya peran Bunda PAUD

Menparekraf upayakan produk ekonomi kreatif naik kelas

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023