Stok beras masih aman. Para pedagang yang terbebani tingginya harga beras, dapat langsung membeli dari Bulog dengan jatah 2 ton setiap kios pedagang
Tangerang (ANTARA) - Perum Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Tangerang memastikan stok beras yang tersedia di gudang cukup untuk memenuhi kebutuhan warga di wilayah itu hingga beberapa bulan ke depan.

Kepala Bulog Divisi Regional Tangerang, Omar Syarif di Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu, menyebutkan bahwa stok beras di wilayah Tangerang Raya saat ini sebanyak 15 ribu ton.

"Bagi para pedagang, tinggal mengisi administrasi yang sudah ditentukan. Namun, dengan catatan nantinya para pedagang harus menjual dengan Harga Eceran Tertinggi," ujarnya.

Menurut dia, dengan stok beras yang ada dapat memenuhi kebutuhan para pedagang di pasaran. Bahkan, pihaknya memberikan kuota sekitar dua ton untuk pedagang.

"Stok beras masih aman. Para pedagang yang terbebani tingginya harga beras, dapat langsung membeli dari Bulog dengan jatah dua ton untuk setiap kios pedagang," katanya.

Ia menyebutkan, dalam pendistribusian beras, proses administrasi akan diberlakukan untuk menghindari adanya kecurangan dalam penyaluran ke masyarakat.

Baca juga: Bulog siap menstabilkan harga dengan tambahan penugasan impor

Baca juga: Stok pangan di Tangerang memenuhi kebutuhan selama kemarau


"Iya, untuk memfilter orang-orang, artinya yang bertanggung jawab lah. Kita punya ketentuan supaya pedagang menyalurkan beras HET ke masyarakat tidak diperjualbelikan di atas HET dan sebagainya," ucapnya.

Dia menuturkan, saat ini belum banyak pedagang yang mengetahui informasi tersebut. Untuk itu, pihaknya meminta para pedagang mendatangi gudang Bulog.

"Jadi nggak semua ngambil, karena mereka ini nggak ngurus administrasi," ungkapnya.

Ia menjelaskan beras yang disediakan pihaknya memiliki batas harga ecer sebesar Rp10.900 per kilogram saat dijual ke masyarakat. Hal itu mengacu dengan keputusan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Itu ada di keputusan Bapanas, dan mengenai beras medium itu di harga Rp9.950, dia ngambil ke gudang,” kata dia.

Baca juga: Bulog Tangerang pastikan stok beras 100.000 ton mencukupi

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023