Palembang (ANTARA) -
Polres Musi Rawas di Sumatera Selatan menggelar pelatihan Operasi Mantap Brata meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Personel Polri untuk persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.
 
Kepala Polres Musi Rawas, AKBP Danu Agus Purnomo, di Musi Rawas, Rabu, mengatakan, penyelenggaraan Pra Ops dengan sandi Mantap Brata Musi 2023-2024 personel Polres Mura ini diharapkan dapat berjalan efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, kemapuan personil dalam terlibat operasi sehingga personil bisa meningkatkan kesatuan dan kesatuan dalam melaksanakan tugasnya.

Baca juga: Pemprov Jatim lakukan asesmen pemulihan Gunung Lawu setelah karhutla
 
Ia menambahkan ada dua tahapan yang akan dilaksanakan berdasarkan dengan tahun anggaran 2023 mulai 19 Oktober hingga 31 Desember 2023.
 
Selanjutnya nanti di tahun 2024 mulai dari 1 Januari hingga nanti pelaksanaan Pileg ditanggal 14 Februari, dan tentunya saat itu diharapkan personil selalu siap sedia.

Baca juga: Polhut berhasil padamkan kebakaran hutan Gunung Bantan Belitung 
 
"Saat ini ada hal yang harus kita fokuskan dalam bentuk Operasi Karhutla. Namun kesiapan pengetahuan terkait pemilu juga harus disiapkan," katanya.
 
Ia berharap berharap kepada satgas yang sudah disiapkan dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024, ini harus selalu siap dan mengaktifkan dirinya dari segala sesuatu dan resiko paling buruk sehingga personil sudah terlatih melalui tahapan tersebut.

Baca juga: Penerbangan Sampit-Surabaya batal akibat asap kebakaran
 
"Apabila terjadi kejadian hal-hal yang tidak diinginkan yang memerlukan kecepatan yang memerlukan aktif yang tinggi, kita sudah terbiasa, kita tidak tersungkur seperti kata Bapak Kepala Polda Sumatera Selatan, Inspektur Jenderal Polisi A Rachmad Wibowo, tersungkur karena tidak tahu apa yang harus kita lakukan," tegasnya.
 
Ia memaparkan oleh sebabnya pelatihan-pelatihan perlu dilakukan salah satunya yakni Lat Praops Mantap Brata 2023-2024 dan mampu memberikan gambaran dan wawasan bagi kita semua mulai dari satgas preemtif, preventif dan penegakan hukum di wilayah Polres Musi Rawas.

Baca juga: BNPB: Banjir dan cuaca ekstrem dominasi kejadian bencana alam
 
"Tentunya saya berharap dengan kemauan yang kuat dengan komitmen yang tinggi, kita berupaya menciptakan suasana yang kondusif di Kabupaten Musi Rawas dalam melaksanakan pemilu dan yakin kita semua berhasil dan mewujudkan Kabupaten Musi Rawas, yang aman dan kondusif," pungkasnya.
 
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023