Madrid (ANTARA News) - Valencia menyingkirkan Real Sociedad dalam perburuan tiket terakhir Liga Champions, dan juara liga Barcelona bergerak selangkah lebih dekat untuk menyamai rekor raihan nilai Liga Spanyol pada satu pertandingan sebelum laga terakhir pada Minggu.

Kemenangan 1-0 yang diraih Valencia atas tamunya Granada membuat mereka menempati peringkat keempat di atas Sociedad, unggul dua angka atas klub Basque itu yang bermain imbang 3-3 dengan tim peringkat kedua Real Madrid di San Sebastian.

Barca, yang tidak diperkuat Lionel Messi yang masih cedera, unggul 2-0 atas rival sekota Espanyol untuk membawa mereka mengumpulkan 97 angka, dan kemenangan pada Sabtu depan atas Malaga akan membuat mereka menyamai raihan nilai total Real Madrid yakni 100 angka yang ditorehkan musim lalu.

Hasil imbang Real di markas Sociedad berarti Barca sekarang unggul 15 angka atas rival abadi mereka itu, tiga angka lebih banyak daripada marjin kemenangan terbesar di Liga Spanyol yang pernah dicapai Barca pada musim 2005/2006.

Pada bagian lain di klasemen, kekalahan 1-3 bagi tim peringkat ke-17 Deportivo La Coruna di markas Malaga berarti ketiga tim terbawah yang menghuni zona degradasi - Celta Vigo, Real Zaragoza, dan Real Mallorca - masih memiliki sedikit peluang untuk menghindari degradasi.

Celta, peringkat ke-18 dengan 34 angka, menang 2-0 di markas Real Valladolid, Zaragoza, yang juga memiliki 34 angka dan menempati peringkat ke-19, kalah 0-4 dari tuan rumah Real Betis dan Maloorca, yang menghuni peringkat ke-20 dan tempat terakhir dengan 20 angka, bermain imbang 0-0 dengan tim peringkat ketiga Atletico Madrid.

Deportivo, yang menjamu Sociedad pada akhir pekan depan, memiliki 35 angka.

Di pertandingan lain pada Minggu, Athletic Blibao yang memainkan pertandingan terakhir mereka di Stadion San Mames mereka yang memiliki banyak cerita sebelum mereka pindah ke fasilitas baru, mengakhirinya dengan kekalahan 0-1 dari Levante.

Di Malaga, pelatih Manuel Pellegrini, yang mengatakan pada pekan ini bahwa dirinya akan pergi pada akhir musim dan diharapkan akan menggantikan Roberto Mancini yang dipecat Manchester City, mendapat sambutan hangat dari para pendukung di Rosaleda.

Orang Chile ini sangat populer di klub pesisir Selatan itu dan ia telah memimpin mereka ke peremoat final Liga Champions musim ini, di mana mereka dikalahkan oleh tim finalis Borussia Dortmund.

(H-RF/A008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013