Sekarang ini, hampir semua kantor layanan publik di kota ini sudah menggunakan jaringan internet
Malang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, menargetkan pemasangan seribu titik jaringan lokal nirkabel untuk koneksi internet dalam jarak maksimal 100 meter (wifi) di wilayah itu.

"Pemasangan wifi di seribu titik ini harus tuntas pada akhir tahun 2013. Titik-titik yang menjadi sasaran pemasangan wifi adalah seluruh kantor kelurahan, instansi pemerintahan dan tempat-tempat layanan publik," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Malang Tri Widyani di Malang, Senin.

Tri mengatakan, pemasangan seribu titik wifi itu bekerja sama dengan PT Telkomsel dan sudah mulai dilaksanakan 2012 lalu, bahkan saat ini sudah sekitar 650 titik yang terpasang.

Sedangkan sisasnya sekitar 350 titik, kata Tri, akan dituntaskan tahun ini juga agar masyarakat semakin mudah dalam menggunakan jaringan internet. Apalagi, Kominfo juga terus mendorong agar masyarakat melek informasi dan teknologi (IT).

Untuk membiasakan masyarakat menggunakan teknologi, katanya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberikan pelatihan kepada masayrakat secara bertahap, karena infrastruktur untuk jaringan teknologi informasi tersebut sudah tersedia.

Ia mengakui, jika sampai saat ini masih banyak warga yang belum melek IT, sehingga pihaknya bersama PT Telkomsel terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang sudah disiapkan oleh pemerintah tersebut.

"Sekarang ini, hampir semua kantor layanan publik di kota ini sudah menggunakan jaringan internet, dengan harapan masyarakat akan terbiasa dengan teknologi internet ini," katanya, menegaskan.

Sementara itu lima kecamatan di Kota Malang sudah terlayani oleh pusat layanan internet kecamatan (PLIK). Dan, di seluruh Indonesia sudah lebih dari 5.750 kecamatan yang sudah terpasang PLIK-nya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013