Tiga pemain utama Spurs-- Tony Parker, Tim Duncan, dan Manu Ginobili-- total mencetak 69 angka dan membuat Spurs unggul sementara 3-0...
Jakarta (ANTARA News) - San Antonio Spurs tinggal selangkah lagi untuk maju ke babak final playoff NBA, setelah sempat tertinggal 18 angka lalu berbalik unggul atas Memphis Grizzlies dengan skor akhir 104-93 melalui babak perpanjangan waktu (overtime), di Memphis, Minggu WIB.

Tiga pemain utama Spurs-- Tony Parker, Tim Duncan, dan Manu Ginobili-- total mencetak 69 angka dan membuat Spurs unggul sementara 3-0 dalam seri best of seven game. Spurs bisa maju ke babak final apabila mampu memenangkan laga di Game 4, di Memphis, Selasa WIB.

Spurs memulai pertandingan dengan persentase lemparan yang buruk, dengan menjaringkan 4 lemparan dari 19 usaha lemparan atau 21,1 persen, di kuarter 1. Demikian statistik yang dirilis situs NBA.com.

Kemudian pada kuarter 2, Spurs berusaha untuk mengejar ketinggalan 29-13 dengan menjaringkan 11 lemparan lapangan dari 17 usaha lemparan atau 64,7 persen dan memperkecil ketinggalan dengan 40-44. San Antonio juga memperbaiki pertahanan mereka di kuarter 2 itu sehingga berhasil menahan Memphis hanya 30,4 persen lemparan lapangan.

Pertandingan ketat berlanjut, saat Grizzlies mendorong keunggulan mereka di kuarter 3 dengan memimpin 61-52 di akhir kuarter 3. Tetapi kemudian Spurs berhasil melaju 12-4 untuk menutup kuarter 3 dan memperkecil ketinggalan 64-65.

Kejar mengejar angka terjadi di kuarter 4, Manu Ginobili berhasil mengeksekusi dua lemparan bebas di sisa waktu 54,5 detik untuk membawa Spurs unggul tipis 86-85. Tetapi saat sisa waktu 33,9 detik, Memphis memiliki peluang untuk unggul, sayangnya Tony Allen hanya berhasil menjaringkan 1 lemparan bebas dari 2 kesempatan.

Ketidakberuntungan Memphis berlanjut di detik-detik akhir waktu reguler, saat Mike Conley gagal menjaringkan layup di akhir kuarter 4. Kedudukan tetap imbang 86-86 sehingga permainan dilanjutkan melalui overtime. Demikian dilaporkan Reuters.

Dua menara San Antonio muncul sebagai motor kemenangan di babak perpanjangan waktu. Forward Spurs, Tim Duncan, mencetak 7 angka kemudian ditambahkan oleh center Spurs, Tiago Splitter dengan 6 angka.

Duncan mencetak double-double (24 angka, 10 rebound) merupakan catatan yang ke 144 di babak playoff sepanjang karirnya. Ia berhasil melewati  torehan Wilt Chamberlain di posisi kedua dan sekarang berada di belakang rekor double-double yang ditorehkan Magic Johnson.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013