Tahun ini, GIIAS Semarang yang berlangsung di Marina Convention Center menghadirkan total ada 30 merek peserta dari berbagai lini industri, termasuk 14 merek kendaraan bermotor
Semarang (ANTARA) - Pameran otomotif bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2023 pada 18-22 Oktober mendatang diikuti setidaknya 14 pabrikan kendaraan bermotor yang akan menampilkan produk-produk terbarunya.

"Tahun ini, GIIAS Semarang yang berlangsung di Marina Convention Center menghadirkan total ada 30 merek peserta dari berbagai lini industri, termasuk 14 merek kendaraan bermotor," kata Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, di Semarang, Rabu.

Dari 14 merek kendaraan bermotor, kata dia, 10 merek di antaranya kendaraan penumpang, yakni Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

"Ditambah empat merek kendaraan roda dua, yakni Exotic, Pacific, Royal Enfield, dan Yamaha. Tahun ini, GIIAS Semarang hadir dengan lebih banyak merek peserta dan lebih banyak model baru yang dipamerkan," katanya.

Menurut dia, Jawa Tengah sangat berperan penting dalam industri otomotif nasional yang terlihat dari partisipasi peserta GIIAS Semarang pada tahun ini yang naik 65 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Berbagai lini industri ambil bagian menampilkan inovasi dan teknologi terbarunya di bidang otomotif, termasuk kendaraan berbasis listrik yang akan diperkenalkan kepada masyarakat Jateng.

Melalui penyelenggaraan GIIAS di Kota Semarang yang kedua kalinya, kata dia, Gaikindo meyakini bisa menjadi dorongan untuk peningkatan industri otomotif, khususnya di Jateng.

Sementara itu, Sri Vista Limbong, Project Director Seven Event selaku penyelenggara GIIAS Semarang mengatakan bahwa masyarakat berkesempatan untuk melihat, mencoba, dan membandingkan berbagai produk terbaru otomotif.

"GIIAS Semarang bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Jateng yang akan menyelenggarakan berbagai program khusus selama pameran berlangsung," katanya.

Berbagai program acara edukatif dan menarik, seperti "education day", "community gathering", "influencer talkshow", kuis interaktif, serta "test drive" dan "test rode" akan berlangsung selama GIIAS Semarang 2023.

"Pengunjung dapat langsung mempersiapkan kehadirannya dengan membeli tiket masuk GIIAS Semarang secara 'online' di aplikasi Auto 360, dan dapatkan juga harga khusus selama program 'pre-sale'," katanya.

Program pre-sale sudah dimulai sejak 10-12 Oktober 2023 dengan harga tiket masuk Rp10.000 (hari kerja) dan Rp15.000 (akhir pekan), sedangkan pada 13-16 Oktober harga tiket Rp15.000 (hari kerja) dan Rp25.000 (hari libur).

Selain itu, pengunjung juga bisa membeli tiket secara langsung di arena pameran dengan harga Rp20.000 pada Rabu-Jumat (18-20/10), dan Rp30.000 pada Sabtu-Minggu (21-22/10).

Rangkaian pameran GIIAS The Series 2023 berlangsung di empat kota, yakni Tangerang (10-20 Agustus lalu), Surabaya (20-24 September lalu), Semarang (18-22 Oktober 2023), dan ditutup di Bandung pada 22-26 November mendatang.

Baca juga: Kemenperin apresiasi GIIAS Surabaya 2023 dapat tingkatkan perekonomian

Baca juga: Deretan mobil terbaru yang mejeng di GIIAS 2023

Baca juga: Hybrid atau BEV, ternyata ini pilihan pengunjung GIIAS 2023

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023