saat ini memiliki sepuluh armada perpustakaan keliling yang rutin bergerak ke seluruh kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat (Pusip Jakbar) menerima dua armada perpustakaan keliling  pada November 2023 untuk memperkuat "literasi berjalan" di wilayah tersebut.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat, Ahcmad Jazuri menyebut pengadaan dua armada  tersebut merupakan program Dinas Pusip DKI Jakarta untuk memperluas program literasi berjalan ke seluruh wilayah Jakarta.

"Akhir bulan ini (Oktober) paling telat awal November peluncuran program literasi berjalan. Pak Pj Gubernur DKI Jakarta akan hadir," kata Achmad di Jakarta, Rabu.

Hingga kini, persiapan penerimaan dua armada perpustakaan keliling tersebut sudah mencapai 80 persen.

"Untuk persiapan Minggu ini sudah 80 persen. Intinya paling lambat awal bulan November (2023) kita sudah peluncuran," ungkapnya.

Lebih lanjut, Achmad menjelaskan Pemkot Jakbar saat ini memiliki sepuluh armada perpustakaan keliling yang rutin bergerak ke seluruh kecamatan.

"Sasaran layanan ini untuk meningkatkan literasi di kalangan anak-anak ya, makanya rute utama perpustakaan keliling itu ke sekolah-sekolah," ujar Achmad.

"Jadi layanan ini hadir sesuai permintaan sekolah, karena kan banyak juga sekolah-sekolah yang masih kekurangan koleksi buku," kata Achmad.

Ia menambahkan satu perpustakaan keliling itu rata-rata membawa 300 judul buku beroperasi 08.30-14.30 WIB.

Ia menyebut perpustakaan keliling mengutamakan ke sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah membuat pengajuan untuk didatangi.

"Kemudian sekitar pukul 12.00 WIB, armada pindah  ke taman-taman. Lalu pukul 14.30  kembali ke Kantor Pusip Jakbar," kata Achmad.
Baca juga: Sudin Pusip Jakbar targetkan 10 perpustakaan RPTRA terakreditasi
Baca juga: DKI Jakarta tambah 14 perpustakaan keliling tahun ini
Baca juga: Jakbar tambah dua perpustakaan keliling pada 2023 sasar literasi anak


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023