Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Barat menambahkan dua armada perpustakaan keliling (Pusling) pada tahun 2023 dengan menyasar literasi pada anak.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat, Ahcmad Jazuri menyebut pengadaan dua Pusling tersebut merupakan program Dinas Pusip DKI Jakarta untuk menambah literasi berjalan ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Kebetulan tahun kita (Jakarta Barat) akan kebagian dua armada (kendaraan) Pusling," kata Achmad saat dihubungi wartawan di Jakarta pada Kamis.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa kini pihaknya memiliki sepuluh armada Pusling yang rutin bergerak ke seluruh kecamatan di Jakarta Barat.

Baca juga: Satpol PP Jakarta Barat gelar program perpustakaan keliling

"Pusling itu memang kita fokuskan untuk literasi anak ya, makanya rute utama Pusling itu ke sekolah-sekolah," ujar Achmad.

Ia mengatakan, Pusling tersebut mendatangi sekolah-sekolah tergantung permintaan sekolah terkait.

"Jadi bergeraknya sesuai permintaan sekolah, karena kan banyak juga sekolah-sekolah yang masih kekurangan koleksi buku," kata Achmad.

Ia menambahkan, satu Pusling itu rata-rata membawa 300 judul buku.

"Satu armada Pusling itu membawa sekitar 300 judul buku dan itu "di-rolling" (ditukar) dari satu armada ke armada yang lain setiap tiga bulan sekali," kata dia.

Sementara itu, rute Pusling tersebut mulai berangkat pukul 08.30-14.30 WIB ke seluruh kecamatan di Jakarta Barat.

Baca juga: Pemkot Jaksel tingkatkan literasi lewat perpustakaan keliling

"Pusling kita itu mulai berangkat pukul 08.30 dan pukul 14.30 WIB balik (ke Kantor Pusip Jakarta Barat)," kata Achmad.

Ia menyebut, jadwal Pusling yang dibuat pihaknya mengutamakan ke sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah membuat pengajuan untuk didatangi Pusling.

"Kemudian saat "zuhur", sekitar pukul 12.00 WIB, Puslingnya kemudian bergerak ke taman-taman arau dusun-dusun begitu. Lalu pukul 14.30 balik ke Kantor Pusib (Jakbar)," kata Achmad.

Sebelumnya, pihaknya berencana menambah sebanyak 10.000 eksemplar buku pada tahun 2023.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat, Ahcmad Jazuri mengatakan saat ini ada sebanyak 45.000 eksemplar koleksi buku berbagai judul yang dimiliki Sudin Pusip Jakarta Barat. Jumlah itu tersebar di gedung Pusip, perpustakaan RPTRA, perpustakaan kelurahan, kecamatan dan lingkungan warga.

"Untuk tahun 2023 ini Sudin Pusip Jakarta Barat akan menambah sebanyak 10.000 eksemplar buku khususnya yang berkaitan dengan topik anak," ujarnya, Jumat (25/8).

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023