Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat menargetkan 10 perpustakaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) terakreditasi dengan penambahan koleksi buku.

Target tersebut terkait adanya 10.000 eksemplar buku baru yang diterima oleh perpustakaan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Barat pada Minggu (8/10) yang akan disebar ke perpustakaan RPTRA di wilayah tersebut.

"Kita kan punya 68 perpustakaan RPTRA dan baru 18 yang terakreditasi. Nah, salah satu syarat utama agar terakreditasi itu perpustakaannya punya punya koleksi buku yang mencapai 1.000 eksemplar," kata Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat Ahcmad Jazuri saat dihubungi di Jakarta pada Selasa.

Ia melanjutkan, 10.000 buku yang diterima pihaknya akan disebar ke perpustakaan RPTRA terpilih agar bisa mendapatkan predikat terakreditasi.

"Kita cari yang sudah siap aja, yang orangnya, pengurusnya rajin dan aktif. Baru kita dukung (dengan penambahan buku)," kata Achmad.

Baca juga: Jakarta Barat minta warga maksimalkan perpustakaan RPTRA

Dukungan yang selektif tersebut, kata Achmad, berkaitan dengan keteledoran pengurus beberapa RPTRA yang tidak memanfaatkan perpustakaannya sesuai peruntukkan.

"Kadang-kadang kan ada tuh orang (pengurus RPTRA) yang perpustakaan dijadikan ruangan lain gitu. Kita sudah survei," katanya.

Dengan adanya 10.000 judul buku tersebut, pihaknya menargetkan 10 perpustakaan RPTRA terakreditasi dari 50 RPTRA yang belum terakreditasi.

"Untuk yang terakreditasi kalau bisa sih nambah lima paling sedikit, kalau bisa 10," katanya.

Pihaknya berharap dengan penambahan buku pada perpustakaan RPTRA tersebut masyarakat bisa lebih sering berkunjung.

Baca juga: Pengunjung perpustakaan RPTRA Citra Permata meningkat

Selain itu, sebagai evaluasi setiap awal tahun pihaknya meminta masukan kepada masyarakat mengenai kebutuhan-kebutuhan  yang mereka perlukan dalam perpustakaan RPTRA tersebut.

"Tahun depan kami rencananya mengajukan pengadaan dan servis pendingin ruangan di perpustakaan RPTRA. Nanti harapannya itu membuat warga tambah nyaman di dalam perpustakaan untuk membaca," ujar dia.

Achmad mengharapkan pemilihan beberapa perpustakaan RPTRA tertentu agar bisa terakreditasi dengan dilakukannya penambahan koleksi buku dapat memotivasi pengurus RPTRA lain agar disiplin memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

"Nanti distribusi bukunya menunggu selesai dulu proses registrasinya. Intinya tahun ini proses registrasi sudah selesai," katanya.

Sudin Pusip Jakarta Barat (Jakbar) meregistrasi 10.000 buku baru agar segera siap untuk didistribusikan. Buku-buku tersebut diterima pihaknya pada Minggu (8/10) dan sudah selesai diperiksa perihal kelengkapannya.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023