Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Barat segera mendistribusikan 10 ribu buku baru ke perpustakaan di Ruang Publik 
​​​​​​Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di wilayah tersebut.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pusip Jakarta Barat Achmad Jazuri menyebutkan bahwa ribuan buku tersebut sedang diregistrasi sebelum siap didistribusikan ke perpustakaan di RPTRA.

"Masih dimasukkan ke pusat data kita. Kan nanti sebelum didistribusikan ketahuan, ini yang dikirim ke perpustakaan RPTRA, judulnya apa. Jadi masing-masing nanti sudah terdata," ungkap Achmad saat dihubungi di Jakarta pada Senin.

Selain ke perpustakaan di RPTRA, buku-buku tersebut akan didistribusikan melalui anggota DPRD DKI saat reses dan juga musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang sudah melakukan pengajuan sebelumnya.

"Reses dari anggota Dewan. Mereka juga kan banyak yang minta buku sama rak buku, ada yang dari musrenbang," ungkap Achmad.

Baca juga: Sudin Pusip Jakbar targetkan 10 perpustakaan RPTRA terakreditasi

Dia menegaskan bahwa pada Februari 2024 ribuan buku tersebut siap disebarkan dan sebagian akan menambah koleksi Perpustakaan Sudin Pusip Jakbar.

"Tahun depan sih kayaknya. Itu kan 10 ribu buku, Februari kayaknya sudah selesai (registrasi dan distribusi)," ungkap Achmad.

Achmad berharap pengadaan buku tersebut dapat meningkatkan semangat berliteradlsi masyarakat dan menambahkan pemahaman masyarakat mengenai pengembangan dan penanganan masalah anak, seperti stunting.

"Itu kan buku-bukunya sebagian besar bertema anak ya. Misalnya soal penanganan stunting pada anak dan sebagainya. Jadi selain meningkatkan budaya baca, buku-buku itu juga jadi pedoman pengentasan stunting," katanya.

Baca juga: Jakarta Barat minta warga maksimalkan perpustakaan RPTRA

Sebelum adanya 10.000 buku tersebut, Ahcmad mengaku, pihaknya telah memiliki sebanyak 45.000 eksemplar (judul) koleksi buku berbagai judul.

"Buku-buku tersebut tersebar di gedung Pusip, perpustakaan RPTRA, perpustakaan kelurahan, kecamatan dan lingkungan warga," kata Ahcmad.

Dia menyebut, anggaran yang disiapkan untuk penyediaan 10.000 buku tersebut sebesar Rp650 juta.

Ia mengharapkan warga masyarakat dan anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan yang tersedia di setiap RPTRA ataupun juga perpustakaan yang tersedia di gedung Sudin Pusip Jakarta Barat.

"Jadi, pengadaan buku juga harus sesuai dengan minat baca masyarakat juga," kata Achmad.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023