Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Barat menerima tiga unit armada 
perpustakaan keliling (pusling) pada awal Desember 2023.

"Sudah datang tiga unit pusling, awal Desember (2023) kemarin," ungkap Kepala Suku Dinas (Sudin) Pusip Jakarta Barat Achmad Jazuri saat dihubungi di Jakarta pada Senin.

Achmad mengatakan bahwa tiga unit pusling tersebut menambahkan 10 unit pusling yang sebelumnya sudah ada. Namun, beberapa unit dari 10 pusling tersebut akan dikembalikan ke Dinas Pusip DKI Jakarta untuk diperbaiki.

"Kita nambah armada, jadi sekitar tiga belas, saya belum pastikan lagi (jumlahnya), karena ada yang kita pulangkan karena rusak," ungkap Achmad.

Baca juga: Sudin Pusip Jakbar segera distribusikan 10 ribu buku baru ke RPTRA

Ia melanjutkan, keberadaan pusling tersebut diharapkan dalam mendukung kebutuhan membaca warga Jakarta Barat (Jakbar) mengingat wilayah tersebut hanya memiliki satu perpustakaan kota, yakni di Kantor Sudin Pusip.

Perpustakaan kota itu hanya ada satu. Sedangkan wilayah Jakarta Barat ada delapan kecamatan.

"Jadi kalau ada yang dari pinggiran, perbatasan dengan wilayah lain mau kemari sulit, perlu niat yang sungguh-sungguh, perlu modal yang banyak," kata Achmad.

Karena itu, kata Achmad, pusling diharapkan dapat mendekatkan literasi dengan masyarakat yang jauh dengan perpustakaan kota. "Mudah-mudahan itu, walaupun enggak sepenuhnya bisa terpenuhi," katanya.

Baca juga: Sudin Pusip Jakbar targetkan 10 perpustakaan RPTRA terakreditasi

Selain ke delapan kecamatan, pusling yang ada juga akan ditempatkan ke sekolah-sekolah yang belum memiliki literasi memadai. "Bagaimana pun kan ada sekolah yang enggak punya perpustakaan atau seandainya ada juga enggak terlalu memadai," ungkap Achmad.

Adapun ketiga unit pusling tersebut lengkap dengan koleksi bukunya pada awal 2024. "Nanti awal tahun sudah mulai operasional," kata Achmad. 

Terkait kedatangan pusling ke sekolah, Achmad mengatakan bahwa layanan Pusling hadir sesuai permintaan sekolah. "Satu perpustakaan keliling itu rata-rata membawa 300 judul buku dan beroperasi 08.30-14.30 WIB," kata dia.

Kemudian, sekitar pukul 12.00 WIB, pusling pindah ke taman-taman. "Lalu pukul 14.30 kembali ke Kantor Pusip Jakbar," kata Achmad.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023