Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung pengembangan kompetensi para peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus termasuk dalam hal keterampilan dan vokasi secara optimal.

Salah satu upaya Kemendikbudristek ini diwujudkan melalui terselenggaranya Lomba Kompetensi Siswa Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKS PDBK) 2023 tingkat nasional di Jakarta, pada 7 sampai 12 Oktober 2023.

"Anak-anak bangsa akan tumbuh menjadi tenaga-tenaga ahli yang diperhitungkan. Jika visi ini terwujud di masa depan, tentu saja Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas," kata Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbudristek Aswin Wihdiyanto dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Para peserta yang berkompetisi pada tingkat nasional di Jakarta ini telah melalui seleksi tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

Untuk tahun ini, peserta seleksi untuk LKS PDBK mencapai 2.826 siswa hingga akhirnya terdapat 295 siswa yang lolos ke tingkat nasional setelah melalui serangkaian proses seleksi.

Baca juga: Paskibra KBRI Doha libatkan siswa berkebutuhan khusus
Baca juga: Jakarta Barat bentuk posko identifikasi siswa berkebutuhan khusus


Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi menjelaskan penyelenggaraan LKS PDBK bertujuan memberikan dorongan kepada peserta didik untuk meningkatkan kompetensi pada bidang keterampilan dan vokasi secara optimal.

Selain itu, kegiatan ini turut berupaya untuk menumbuhkan sikap disiplin, rasa percaya diri, toleransi, kompetitif dan sportivitas, serta meningkatkan daya saing dalam menghadapi tantangan industri dan dunia kerja.

Oleh sebab itu, untuk mengasah keterampilan yang dimiliki oleh para peserta didik maka terdapat sembilan cabang lomba yang dikompetisikan yaitu hantaran, kecantikan, kreasi barang bekas, kriya kayu, membatik, menjahit, merangkai bunga, tata boga, dan teknologi informasi.

Baca juga: Ide Kemendikbudristek beri keahlian khusus siswa SMA disambut positif
Baca juga: Kemendikbudristek dan KSP kembangkan industri gim lokal

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023