Denpasar (ANTARA) - Para aktivis 98 sepakat mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar terpilih menjadi Presiden 2024-2029 karena dinilai memiliki kapabilitas mumpuni, konsisten dalam mengabdi bagi bangsa, dan negara.

"Kami berhimpun dalam momentum politik untuk merumuskan satu keinginan kami dalam platform politik yang harus dilakukan Pak Prabowo sebagai capres yang kami dukung," kata Ketua Panitia Musyawarah Besar Aktivis 98 Sangap Surbakti di Denpasar, Rabu.

Musyawarah Besar (Mubes) Aktivis 98 dengan Tema "Dharma pada Pertiwi, Aktivis 98, dan Prabowo Bersama Membangun Indonesia" akan digelar di Kota Denpasar, Bali, pada 13-14 Oktober 2023 dengan target peserta sekitar 500 orang.

Menurut dia, ada beberapa alasan yang membuat para pejuang era reformasi tersebut sepakat mengarahkan dukungan ke Prabowo Subianto dibandingkan dua nama bakal capres lainnya, Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Dari ketiga bakal calon yang muncul saat ini, Prabowo yang juga Menteri Pertahanan tersebut memiliki konsistensi dalam mengabdi bagi bangsa dan negara. Sementara bakal calon lainnya dinilai masih belum teruji.

"Kami menjatuhkan pilihan kepada Pak Prabowo. Pertama adalah untuk menyelesaikan utang sejarah 1998. Yang kedua, menyelesaikan persoalan bangsa dalam pertarungan geopolitik internasional," ujarnya.

Selain itu, pihaknya menilai kinerja Prabowo Subianto selama menjadi Menteri Pertahanan sampai saat ini sangat luar biasa di antaranya dengan melakukan reformasi alat utama sistem senjata (alutsista) dalam menjaga kedaulatan negara.

"Konsep pembangunan bukan hanya menyejahterakan rakyatnya, bukan cuma mengentaskan kemiskinan. Tetapi, bagaimana kedaulatan negara ini bisa dijaga," ucapnya menegaskan.

Bukan itu saja, Prabowo Subianto dianggap memiliki visi dalam membangun bangsa keluar dari keterpurukan

Sangap menambahkan kecintaan Prabowo pada bangsa dan negara tidak diragukan lagi, rela menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan materi agar dapat berbuat kepada kemajuan bangsa dan negara.

"Karakter dan jiwa kepemimpinan Prabowo sangat cocok untuk Indonesia yang sedang menyiapkan diri untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Pemimpin tegas, jujur, ikhlas, peduli, bertanggung jawab, dan siap mengambil risiko," ujarnya.

Baca juga: Gerindra Situbondo deklarasi Gibran bakal cawapres Prabowo
Baca juga: Relawan gencarkan sosialisasi program Prabowo di media sosial


Selain itu, Prabowo merupakan pemimpin terbiasa dengan kerja-kerja kolaboratif yang melibatkan diri dengan berbagai kelompok latar belakang, memiliki intuisi tajam, kemampuan operasional di daerah perkotaan ataupun wilayah dengan serba keterbatasan.

"Pemimpin yang memahami situasi dinamika persoalan dapat menggunakan teknologi untuk kesadaran situasional, mengintegrasikan kekuatan-kekuatan kolaboratif,  progresif, dan berinteraksi dengan persoalan-persoalan rakyat untuk merumuskan terobosan-terobosan solutif," katanya.

Sangap menambahkan aktivis 98 sebagai motor gerakan yang mendorong perubahan pemerintahan otoriter ke demokrasi, melihat dan merasakan realitas yang terjadi saat ini bahwa praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme masih jadi salah satu isu utama dan tuntutan masyarakat.

"Cita-cita reformasi ternyata masih belum terwujud secara menyeluruh. Agenda Mubes 98 ini ingin mengembalikan semangat berbangsa dan bernegara yang telah termaktub dalam UUD 1945, eksponen aktivis 98 yang tersebar dari seluruh Indonesia berkumpul dan menyatukan langkah gerak dalam membangun Indonesia," katanya.

Hasil dari Musyawarah Besar Aktivis 98 akan disampaikan secara langsung Prabowo Subianto dan para aktivis juga bersiap menggalang dukungan di daerah sesuai dengan komunitas masing-masing.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023