bagaimana saya bisa menggunakan USAID, minta bantuan bagaimana kami bisa difasilitasi untuk guru-guru untuk sekolah anak-anak down syndrome
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan saat ini tengah menjajaki peluang dengan Amerika Serikat (AS) untuk melatih guru khusus penanganan disabilitas sindrom down atau down syndrome.

Mensos Risma di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis, mengatakan penanganan di sekolah inklusi rata-rata hanya dapat mengakomodir penyandang disabilitas fisik yang masih bisa mengikuti pelajaran di sekolah umum.

Tetapi bila para guru khusus tersebut memiliki murid disabilitas down syndrome, yang membutuhkan perhatian khusus, menjadi tantangan sendiri, sehingga Mensos Risma mencoba menjajaki peluang untuk mendapat bantuan dari Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melalui Penasihat Khusus Hak Disabilitas Internasional AS, Sarah Minkara.

Baca juga: Strategi pengasuhan orang tua berperan besar bagi anak down syndrome

"Nah ini yang tadi salah satu yang saya sampaikan ke advisor-nya, Sarah, untuk bagaimana saya bisa menggunakan USAID, minta bantuan bagaimana kami bisa difasilitasi untuk guru-guru untuk sekolah anak-anak down syndrome," kata Mensos Risma.

Menurutnya, anak-anak down syndrome memiliki potensi yang tak terbatas. Talenta tersebut harus dikembangkan dengan campur tangan guru-guru khusus yang mampu menangkap talenta itu.

"Saya ngomong guru ini bukan berarti guru-guru sekolah, tapi trainer yang mengerti dan menangkap potensi yang anak miliki," ujar Mensos Risma.

Baca juga: Pemerintah diharapkan memaksimalkan pemenuhan hak anak "down syndrome"
Baca juga: Hari Down Syndrome Sedunia jadi momentum ciptakan dunia yang inklusif


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023