Timika (ANTARA) - Kantor Karantina Pertanian Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menggelar aksi donor darah dalam rangka menyambut HUT ke-146 tahun.

Kepala Kantor Karantina Pertanian Timika, Ferdi, melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Kamis, mengatakan, mereka bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kabupaten Mimika dalam kegiatan donor darah.

Baca juga: Donor darah Kodim Kubar kumpulkan 27 kantong darah

"Aksi donor darah digelar di Aula Karantina Timika ini merupakan salah satu giat menyambut Hari Karantina pada 18 Oktober yang ke-146 dengan tema Terus Kuat Untuk Indonesia Hebat," katanya.

Menurut Ferdi, ada 45 pendaftar yang ingin mendonorkan daranya, namun setelah melalui tahap awal yakni cek kesehatan oleh perawat maka beberapa pendaftar gagal melanjutkan pendonoran.

Baca juga: Pemkot Jaktim dan IDDS kolaborasi hadirkan 100 pendonor darah  

"Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis," ujarnya

Dia menjelaskan penyebab gagalnya pendaftar yang mendonor tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, dan pernah terserang penyakit malaria dalam kurun waktu satu bulan sebelum donor darah.

Baca juga: Makanan bergizi tinggi penting bagi pendonor darah

"Kegiatan ini sesuai instruksi pusat untuk dapat melaksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," katanya lagi.

Ia menambahkan, diharapkan kegiatan ini menjadi aksi aktif yang mengetuk sisi kemanusiaan setiap individu, akan pentingnya menolong sesama manusia dalam menyumbangkan tetesan darah.

Baca juga: Kiat hidup sehat untuk penderita anemia

"Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari para pegawai Kantor Karantina Pertanian Timika, Karantina Ikan, BKSDA Timika, instansi terkait dan masyarakat umum," ujarnya.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023