Semangat penyelenggaraan JMFW difokuskan pada penguatan ekosistem fesyen
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan bahwa Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 akan fokus pada penguatan ekosistem fesyen di Indonesia.

“Semangat penyelenggaraan JMFW difokuskan pada penguatan ekosistem fesyen,” kata Didi Sumedi di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis.

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika memberi sambutan dalam kegiatan Kick Off Jakarta Muslim Fashion Week 2024.

Didi mengatakan bahwa pesatnya populasi generasi Muslim milenial memengaruhi tren fesyen Indonesia, khususnya modest fashion atau busana yang sopan. Selain itu, ujar Didi, perkembangan modest fashion ini juga didukung dengan potensi kekayaan dan kearifan lokal.

“Didukung juga oleh tingginya kepedulian terhadap lingkungan dan sosial yang dimiliki para pelaku industri kreatif Tanah Air,” kata Didi.

Oleh karena itu, ia berharap agar kolaborasi dan sinergisitas antara kementerian, lembaga, sponsor, serta para asosiasi yang bergelut di bidang fesyen dapat menyukseskan penyelenggaraan Jakarta Muslim Fashion Week.

“JMFW hadir menjadi ikon kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan yang terkait. Tidak hanya pemerintah, tetapi juga bisnis, akademisi, dan asosiasi, serta media yang paling penting,” ujar Didi.

Didi menargetkan gaung Jakarta Muslim Fashion Week dapat menjangkau negara-negara lain, sehingga Indonesia dapat mendeklarasikan diri sebagai pusat trendsetter dunia untuk modest fashion.

“Mudah-mudahan berjalan lancar, dan tentu kita ingin tidak hanya deklarasi, tetapi memang betul-betul JMFW ini menjadi salah satu kiblat modest fashion dunia,” kata Didi.

Melalui penyelenggaraan Jakarta Muslim Fashion Week, Didi berharap agar para desainer modest fashion Indonesia terdorong untuk bisa berkiprah dan berkibar di tataran global.

“Indonesia bersungguh-sungguh ingin menjadikan modest fashion Indonesia mendunia,” ujar Didi.

Kementerian Perdagangan dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, bersama para pemangku kepentingan kembali menyelenggarakan Jakarta Muslim Fashion Week. JMWF 2024 akan diadakan pada 19-21 Oktober 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023