Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI meraih penghargaan Terbaik 1 Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Kategori Lembaga Negara Non-kementerian serta Terbaik 3 Legal Development Content Creator (LDCC) Kategori Anggota JDIH.

Atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM, melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) tersebut, BNPT RI berkomitmen untuk terus berbenah dalam memberikan layanan informasi hukum kepada publik.

“BNPT terus melakukan validasi dan assessmen terhadap pelaksanaan JDIHN BNPT dan terus berbenah dalam memberikan layanan terbaik kepada publik, sehingga mudah diakses terhadap produk-produk hukum terkait penanggulangan terorisme,” kata Sekretaris Utama BNPT RI Bangbang Surono dalam keterangan  diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Bangbang, BNPT selama ini terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelola JDIHN BNPT. Inovasi tersebut, kata dia, tampak dari penggunaan media sosial TikTok untuk mendiseminasikan informasi hukum kepada masyarakat.

“Kami juga memedomani indikator penilaian JDIHN agar dapat mengetahui kemajuan JDIH BNPT sudah sampai sejauh mana, serta terus melaksanakan studi banding dan eksplorasi inovasi, dan tidak lupa peningkatan kapasitas SDM pengelola JDIH BNPT juga menjadi perhatian,” katanya.

Bangbang berharap JDIHN BNPT bisa selalu menjadi wadah informasi yang cepat dan tepat bagi masyarakat yang membutuhkan informasi hukum terkait penanggulangan terorisme di Indonesia dan dunia.

“Diharapkan JDIHN BNPT dapat menjadi wadah yang akurat cepat dan tepat bagi informasi hukum terkait penanggulangan terorisme di Indonesia dan di dunia,” ucap Bangbang.

Penghargaan tersebut diberikan dalam Pertemuan Nasional Pengelola JDIHN dan Legal Development Content Creator (LDCC) Awards 2023 di Jakarta, Kamis.

Adapun pembentukan JDIHN di BNPT merupakan implementasi dari amanat Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012. JDIH BNPT, kata Bangbang, merupakan wadah sosialisasi peraturan dan produk hukum yang berkaitan dengan penanggulangan terorisme yang efektif cepat dan dapat diandalkan.

Sebelumnya, BNPT juga pernah meraih Terbaik 1 dan 2 pada tahun 2021 dan 2022 dalam kategori penghargaan yang sama.
Baca juga: Menkumham: Pengelolaan JDIHN sudah sejalan dengan instruksi Presiden
Baca juga: BNPT ingatkan kelompok kerja sampaikan progres RAN PE 2023
Baca juga: Kepala BNPT ingatkan radikalisasi daring sasar remaja hingga perempuan

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023