Jakarta (ANTARA) - PT Kimia Farma Apotek (KFA) menggandeng Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengembangkan Program Warung Sehat sebagai upaya memberikan kemudahan masyarakat, terutama di pedesaan, dalam memperoleh produk kesehatan.

Direktur Utama KFA Agus Chandra dalam keterangan di Jakarta, Kamis, menyatakan Program Warung Sehat untuk perluasan jangkauan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, pemberdayaan UMKM, dan pemerataan layanan kesehatan.

“Tujuan kami sebagai bagian dari BUMN Holding Farmasi adalah sesuai arahan dari Kementerian BUMN kami harus memberdayakan masyarakat dan melakukan pemerataan pelayanan kesehatan di manapun berada, supaya masyarakat Indonesia selalu sehat,” katanya.

Pada tahap awal, pihaknya dan Pemerintah Provinsi Lampung berkolaborasi dalam peluncuran Warung Sehat dan Program Aplikasi Sehat Berjaya di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung pada hari ini.

Warung Sehat yang diluncurkan adalah toko obat milik BUMDes yang bekerja sama dengan KFA untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam memperoleh produk kesehatan.

Baca juga: Kimia Farma Apotek targetkan penjualan online meningkat 50 persen

Agus Chandra mengatakan peluncuran Warung Sehat di Lampung sebagai wujud kerja sama yang pertama kali dengan pemerintah provinsi di Indonesia dengan harapan bisa direplikasikan ke seluruh Tanah Air.

“Kami memilih Lampung sebagai launching (peluncuran) yang pertama di Indonesia dan kami harapkan dapat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Warung Sehat Binaan Kimia Farma juga terintegrasi dengan Link Sehat Berjaya milik Pemprov Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) dan Dinas Kesehatan.

Link Sehat Berjaya merupakan layanan berbasis web yang disediakan Pemprov Lampung untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat desa di Provinsi Lampung.

Selain itu, masyarakat dapat berkonsultasi dengan apoteker Kimia Farma yang siap memberikan layanan 24 jam. Setelah berkonsultasi, warga dapat melakukan tebus obat atau produk kesehatan sesuai rujukan dari dokter ke apotek Kimia Farma dan Warung Sehat yang direkomendasikan.

Baca juga: Kimia Farma ekspansi bisnis buka 15 outlet di tanah air
Baca juga: Kimia Farma ekspansi layanan apotek di warung desa
Baca juga: Kimia Farma buka 100 apotek baru di perkotaan hingga pegunungan Papua

 

Pewarta: Subagyo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023