Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan, lereng timur, dan lereng barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologis lainnya
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan, lereng timur, dan lereng barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza, Jumat.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Jumat pagi berawan dan hujan ringan di wilayah Langkat, Binjai, Asahan, Batubara, Toba, Simalungun, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat disertai angin di sejumlah wilayah hari ini
Baca juga: BMKG: Sebagian Sumut berpotensi hujan lebat Selasa sore dan malam 

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Medan, Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Batubara, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara, antara lain Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan, Tanjung Balai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, P.adang Sidempuan, Mandailing Natal, dan Padang Lawas Utara.

Dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Mandailing Natal, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Kepulauan Nias, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 17 – 33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 – 97 persen dan angin berhembus dari tenggara - barat daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Sebagian Sumut berpotensi hujan ringan hingga lebat hari ini
Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan disertai petir dan angin kencang di Sumut


Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023