Kabul (ANTARA) - Perusahaan pertambangan China MCC-JCL Aynak Minerals Company Ltd. (MJAM) pada Kamis (12/10) menyalurkan donasi sebesar 2,27 juta Afghani (1 Afghani Afghanistan = Rp206) atau 30.000 dolar AS (1 dolar AS = Rp15.702) untuk keluarga-keluarga yang terdampak gempa di Provinsi Herat, Afghanistan barat.

Dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Shahabuddin Delawar, yang menjabat pelaksana tugas menteri pertambangan dan perminyakan di pemerintahan sementara Afghanistan, perwakilan perusahaan MJAM Zhang Jikui menyerahkan donasi tersebut kepada pihak Afghanistan, lapor Xinhua pada Jumat.

Menyambut baik donasi tersebut, Delawar mengatakan bahwa bantuan ini mencerminkan pertemanan antara rakyat China dan Afghanistan.

Sebelumnya, warga China yang berbasis di Afghanistan juga telah menyalurkan donasi senilai lebih dari 17.000 dolar AS kepada para korban gempa di Herat.

Dua gempa bumi yang masing-masing bermagnitudo 6,2, diikuti oleh beberapa gempa susulan, mengguncang Afghanistan barat dengan pusat gempa berada di Distrik Zanda Jan, Provinsi Herat, pada Sabtu (7/10), menewaskan sedikitnya 2.053 orang dan melukai ribuan orang lainnya.

 
 




 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023