Beijing (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional memperkirakan ekonomi China akan tumbuh "sekitar 7,75 persen" pada 2013, kata pejabat tinggi IMF Rabu, turun dari perkiraan IMF bulan lalu 8,0 persen.

"Ekonomi China diperkirakan akan tumbuh sekitar 7,75 persen tahun ini dan melaju hampir sama untuk tahun depan," kata Wakil Pertama Direktur Pelaksana IMF, David Lipton kepada wartawan di Beijing, menunjuk pertumbuhan ekspor yang lebih lambat sebagai alasan penurunan angka tersebut.

Laporan World Economic Outlook IMF yang dikeluarkan bulan lalu  memperkirakan pertumbuhan tahun ini 8,0 persen dan 8,2 persen untuk tahun 2014 -- kedua prediksi itu sendiri juga merupakan penurunan dari perkiraan yang dibuat pada Januari.

Ekonomi China tumbuh 7,8 persen pada 2012 -- terendah dalam 13 tahun -- dan mencatat ekspansi yang secara mengejutkan  lemah 7,7 persen pada tiga bulan pertama tahun ini, jauh dari perkiraan.

Lipton mengatakan pelemahan perekonomian global menjadi  faktor melambatnya pertumbuhan ekonomi China.

Perkiraan diturunkannya produk domestik bruto (PDB) "terutama karena melihat perekonomian global dan laju pertumbuhan ekonomi global dan permintaan yang berasal dari pertumbuhan tersebut terhadap ekspor China," katanya.

Pewarta: Kunto Wibisono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013