Pariaman (ANTARA) -
Kepolisian Resort (Polres) Kota Pariaman di Sumatera Barat mempersiapkan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 14 Februari tersebut berjalan lancar dan aman.
 
"Sejauh ini Kota Pariaman dalam kondisi aman dan kondusif, tapi kita tetap harus mempersiapkan diri dengan segala kemungkinannya," kata Kepala Polres Pariaman, AKBP Abdul Aziz, di sela simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Pariaman, Sumatera Barat, Jumat.

Ia mengatakan, untuk mempersiapkan personil menghadapi kerusuhan saat Pemilu 2024 pihaknya melaksanakan simulasi Sispamkota guna mempersiapkan personil menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi pada pesta demokrasi tersebut.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

Ia menyampaikan simulasi yang dilaksanakan merupakan gambaran yang terjadi selama Pemilu mulai dari yang aman dan kondusif hingga kondisi terburuk.

Menurut dia persiapan tersebut diperlukan karena ketika saat Pemilu terjadi peningkatan intensitas kegiatan politik yang menciptakan potensi kerawanan sehingga dapat mengganggu persatuan.

Baca juga: Polri bentuk Satgas Operasi Mantap Brata 2023-2024

Bahkan, lanjutnya saat Pemilu berita bohong serta ujaran kebencian merebak yang dapat menimbulkan konflik sosial.

Ia mengimbau warga di daerah itu untuk tidak terpengaruh dengan berita sebelum memastikan informasi yang beredar itu benar.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Pariaman, Roberia, mengatakan simulasi tersebut merupakan bukti negara menjamin keamanan Pemilu 2024 khususnya di Kota Pariaman.

Baca juga: Polri seleksi umur dan kesehatan personel pengamanan Pemilu 2024

“Apa yang kita simulasikan hari ini adalah situasi ril yang ada di lapangan, simulasi ini sebagai upaya antisipasi dalam mencegah kemungkinan masalah yang terjadi pada saat Pemilu nanti," ujarnya.

Ia menyampaikan apresiasi personil gabungan yang terediri dari TNI, Polri, Pemko, KPU dan Bawaslu atas terselenggaranya simulasi Sispamkota ini. "Terima kasih untuk totalitas menghayati tugas dan perannya masing-masing dalam persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang," tambahnya.

 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023